TINGKAT KESEGARAN KARDIORESPIRASI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 TEMPEL KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Jullio Prassojo (2015) TINGKAT KESEGARAN KARDIORESPIRASI SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 TEMPEL KABUPATEN SLEMAN DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Other
SKRIPSI_.PDF

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya data yang menujukkan tingkat kesegaran kardiorespirasi siswa kelas VIII dan belum pernah diadakannya tes untuk mengukur tingkat kesegaran kardiorespirasi siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Tempel Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesegaran kardiorespirasi siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Tempel Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan pengukuran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Tempel dengan jumlah 96 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 48 siswa yang diambil 50% dari jumlah populasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan cara tes yaitu tes lari multistage fitness test. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa skor maksimal yang dapat dicapai siswa yaitu sebesar 45,55 dan skor terandah yaitu sebesar 20,40. Data hasil penelitian yang telah diklasifikasi menujukkan tingkat kesegaran kardiorespirasi siswa yang berada pada klasifikasi sangat kurang yaitu sejumlah 35 siswa (72,95%), 9 siswa (18,75%) klasifikasi kurang, 3 siswa (6,25%) klasifikasi cukup baik, 1 siswa (2,08%) klasifikasi baik, dan 0 siswa (0%) klasifikasi baik sekali maupun istimewa, dan dapat disimpulkan bahwa tingkat kesegaran kardiorespirasi siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Tempel Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta berada pada klasifikasi sangat kurang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesegaran Kardiorespirasi, Multistage Fitness Test, Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Tempel
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 05 Oct 2015 00:34
Last Modified: 11 Mar 2019 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26612

Actions (login required)

View Item View Item