PENGARUH PENDEKATAN PERMAINAN LOMPAT TERHADAP HASIL LAY UP SHOOT MELALUI PAPAN PANTUL PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET DI MAN YOGYAKARTA 2

R Dwi Priyoyudhanto (2015) PENGARUH PENDEKATAN PERMAINAN LOMPAT TERHADAP HASIL LAY UP SHOOT MELALUI PAPAN PANTUL PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLABASKET DI MAN YOGYAKARTA 2. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Raden Dwi Priyoyudhanto.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi teknik lay up shoot kanan dan lay up shoot kiri melalui papan pantul peserta ekstrakurikuler bolabasket MAN Yogyakarta 2 yang masih mengalami kurang tingginya lompatan pada saat pelaksanaan lay up shoot. Adapun tujuan yang ingin dicapai mengetahui pengaruh pendekatan permainan lompat terhadap hasil lay up shoot melalui papan pantul peserta ekstrakurikuler bolabasket MAN Yogyakarta 2. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen one group pretest-posttest design dengan perlakuan sebanyak 16 kali. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta Ekstrakurikuler bolabasket MAN Yogyakarta 2 sebanyak 20 peserta. Tes lay up shoot diukur menggunakan instrumen tes keterampilan lay up shoot dari Imam Sodikun (1992: 125) yang telah dimodifikasi dan sudah mengalami uji coba instrumen dengan validitas lay up shoot kanan 0,937 kiri 0,998 dan reliabilitas lay up shoot kanan 0,673 dan kiri 0,688. Teknik analisis data menggunakan analisis Uji t dan sebelumnya telah diuji normalitas dan homogenitas terlebih dahulu. Berdasarkan analisis hasil penelitian dan pembahasan diperoleh nilai t hitung lay up shoot kanan 5.784 kiri 6.140. Nilai rerata hasil tes lay up shoot kanan pretest sebesar 4.40 dan posttest naik menjadi 5.65 sedangkan hasil tes lay up shoot kiri pretest sebesar 3.45 dan posttest naik menjadi 4.70. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan permainan lompat terhadap peningkatan hasil lay up shoot kanan dan lay up shoot kiri melalui papan pantul peserta Ekstrakurikuler bolabasket di MAN Yogyakarta 2.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Permainan lompat, hasil lay up shoot, papan pantul.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 05 Oct 2015 00:34
Last Modified: 11 Mar 2019 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26611

Actions (login required)

View Item View Item