MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN ASLI DENGAN ABAKUS PADA SISWA KELAS II SDN NOGOPURO

Sulistiyanto, Medhitya Yudha (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN ASLI DENGAN ABAKUS PADA SISWA KELAS II SDN NOGOPURO. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Medhitya Yudha Sulistiyanto_09108241018.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar operasi hitung bilangan asli dengan abakus siswa kelas II SD Negeri Nogopuro. Abakus pada penelitian ini digunakan untuk mempermudah siswa melakukan operasi hitung bilangan asli. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini siswa kelas II.a SD Negeri Nogopuro dengan jumlah 24 siswa. Penelitian ini berlangsung dua siklus. Siklus 1 dan 2 masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes objektif dan lembar observasi. Validitas instrumen diperoleh dari expert judgement dari dosen ahli pendidikan matematika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan ditetapkan berdasarkan jumlah siswa yang mendapatkan nilai KKM yaitu ≥70 sebanyak 75% atau 18 dari 24 siswa. Penggunaan abakus dengan memperhatikan jumlah anggota kelompok siswa dan waktu pemberian alat peraga ke setiap kelompok saat pembelajaran berlangsung meningkatkan hasil belajar operasi hitung bilangan asli siswa kelas II a SD Negeri Nogopuro. Hal tersebut dapat ditunjukkan dengan peningkatan jumlah siswa yang mencapai KKM sebanyak 13 siswa (54,17%) pada pra tindakan meningkat menjadi 17 siswa (70,83%) pada siklus 1, dan meningkat lagi pada siklus 2 sebanyak 21 siswa (87,50%). Nilai rata-rata kelas juga mengalami peningkatan yaitu pada saat pra tindakan 65,83 meningkat menjadi 75,83 pada siklus 1 dan meningkat lagi pada siklus 2 menjadi 87,92. Kata kunci: hasil belajar operasi hitung bilangan asli, abakus

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 01 Oct 2015 09:59
Last Modified: 30 Jan 2019 03:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26609

Actions (login required)

View Item View Item