HUBUNGAN PUKULAN FOREHAND DAN FOOTWORK TERHADAP KEMAMPUAN BERMAIN TENIS MEJA PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER TENIS MEJA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

Dhiki Agtri Dwi Santoso (2015) HUBUNGAN PUKULAN FOREHAND DAN FOOTWORK TERHADAP KEMAMPUAN BERMAIN TENIS MEJA PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER TENIS MEJA MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DHIKI AGTRI DWI SANTOSO_09601244147.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pukulan forehand dan footwork merupakan teknik yang sangat penting tetapi belum diketahuinya secara nyata hubungan antara pukulan forehand dan footwork terhadap kemampuan bermain tenis meja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pukulan forehand dan footwork terhadap kemampuan bermain tenis meja pada peserta ekstrakurikuler tenis meja Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian merupakan penelitian korelasi dengan metode penelitian ini adalah metode survei. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa Lockhart Table Tenis Test untuk mengukur pukulan forehand dengan relibialitas tes 0,90 dan validitas 0,84, side step test untuk mengukur footwork dengan reliabilitas tes 0.89 dan validitas 0,70 dan tes kemampuan bermain tenis meja. Subjek penelitian yang digunakan siswa ekstrakurikuler Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Sleman yang berjumlah 32 siswa. Teknik dan pengumpulan data menggunakan tes dan pengukuran. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dan korelasi, baik secara sederhana, maupun ganda. Hasil analisis menunjukan bahwa ada korelasi antara pukulan forehand dengan kemampuan bermain tenis meja yang cukup besar, yaitu 0,765, ada korelasi antara footwork terhadap kemampuan bermain tenis meja yang lebih besar, yaitu 0,785, dan ada korelasi antara pukulan forehand dan footwork secara bersama-sama terhadap kemampuan bermain tenis meja yang sangat besar, yaitu 0,837 sehingga dapat disimpulkan ada korelasi antara pukulan forehand dan footwork terhadap kemampuan bermain tenis meja pada peserta ekstrakurikuler tenis meja Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tempel Sleman Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pukulan Forehand, Footwork, Kemampuan Bermain Tenis Meja
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 01 Oct 2015 07:38
Last Modified: 11 Mar 2019 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26605

Actions (login required)

View Item View Item