ANALISIS KESULITAN DALAM PEMBELAJARAN PENJAS KELAS INKLUSI SE-KECAMATAN MLATI

Aditya Harman Saputra (2015) ANALISIS KESULITAN DALAM PEMBELAJARAN PENJAS KELAS INKLUSI SE-KECAMATAN MLATI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Aditya Harman Saputra.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Kesulitan Dalam Pembelajaran Penjas Kelas Inklusi se-kecamatan Mlati.” Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apa saja yang menjadi kesulitan kegiatan pembelajaran penjas di kelas inklusi di SD Plaosan 1, SD Bedelan, serta SD Pojok karena pada dasarnya guru penjas tidak mendapat cukup banyak materi atau ilmu yang khusus menangani siswa berkebutuhan khusus. Objek penelitian ini adalah kesulitan kegiatan pembelajaran penjas kelas inklusi. Responden penelitian ini berjumlah empat orang. Metode pengumpulan data yang digunakan penulis yaitu interview atau wawancara dan observasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan teknik triangulasi data. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan disimpulkan bahwa: 1) siswa ABK yang berada di kelas inklusi di SD se-Kecamatan Mlati memiliki karakteristik yang berbeda dengan siswa lainnya. Karakteristik dari ABK yang ada di SD Plaosan 1, SD Bedelan, serta SD Pojok adalah sulit untuk memahami informasi yang diberikan, konsentrasi kurang, emosinya tidak stabil, cenderung menarik diri dari lingkungan sosial serta motoriknya kurang baik. Karakteristik siswa ABK yang berbeda dengan siswa lainnya tersebut pada akhirnya membuat guru dalam melakukan pembelajaran mengalami berbagai kesulitan, 2) Kesulitan yang dirasakan guru penjas se-Kecamatan Mlati dalam melaksanakan pembelajaran penjas di kelas inklusi yaitu kesulitan dalam menyampaikan materi, kesulitan dalam praktek olahraga, serta kesulitan dalam memahami dan melakukan interaksi sosial dengan siswa ABK, 3) kesulitan yang dirasakan siswa regular dengan adanya siswa ABK adalah sulit untuk diberikan penjelasan dan bekerjasama.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Kegiatan Pembelajaran Penjas Kelas Inklusi
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 01 Oct 2015 07:38
Last Modified: 11 Mar 2019 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26600

Actions (login required)

View Item View Item