UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN DALAM PEMBELAJARAN LARI CEPAT MELALUI BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DEMAKIJO 1 KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMAN

Endang Yuliani (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN KEAKTIFAN DALAM PEMBELAJARAN LARI CEPAT MELALUI BERMAIN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DEMAKIJO 1 KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI BU ENDANG.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian adalah hasil penilaian motivasi belajar Penjasorkes siswa kelas V SD Negeri Demakijo 1 Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman pada semester I tahun ajaran 2014/ 2015, masih belum sesuai dengan indikator keberhasilan. Tujuan penelitian untuk: meningkatan motivasi dan keaktifan siswa kelas V SD Negeri Demakijo 1 Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman dalam mengikuti pembelajaran lari cepat dengan penerapan metode bermain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Demakijo 1 Gamping Sleman sejumlah 35 siswa. Instrumen penelitian, yaitu: lembar observasi untuk mengamati perkembangan motivasi dan keaktifan siswa. Analisis data dilakukan dengan cara peneliti bersama kolaborator merefleksi hasil observasi terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dan siswa di lapangan. Indikator keberhasilan, yaitu: motivasi dan keaktifan siswa hasilnya meningkat dibandingkan dengan data kasus, minimal sebesar 75% siswa berada dalam kategori “Baik” dan persentase tanggapan mengenai motivasi siswa minimal sebesar 75% berada dalam kategori “Baik”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran lari cepat dengan pendekatan melalui bermain sudah mampu mendorong kreatifitas sebagian besar siswa kelas V SD Negeri Demakijo 1 Gamping Sleman untuk beraktivitas selama pembelajaran. (2) Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Demakijo 1 Gamping Sleman meningkat. Terbukti dengan pendekatan bermain dalam penyampaian pembelajaran lari cepat di satu siklus, hasil belajar siswa meningkat dan telah mencapai/sesuai indikator keberhasilan pembelajaran. Perkembangan pembelajaran lari cepat siswa dibandingkan saat observasi awal (data kasus) dan setelah adanya tindakan dalam siklus satu, terlihat siswa telah ada peningkatan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Keaktifan, Lari Cepat, Bermain, Siswa SD
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 01 Oct 2015 07:38
Last Modified: 30 Jan 2019 03:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26599

Actions (login required)

View Item View Item