PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA DALAM MEMBUAT POLA DASAR BUSANA WANITA MENGGUNAKAN MEDIA FLIPCHART BERBANTUAN JOBSHEET DI SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

DUMA, TRIANITA GULTOM (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA DALAM MEMBUAT POLA DASAR BUSANA WANITA MENGGUNAKAN MEDIA FLIPCHART BERBANTUAN JOBSHEET DI SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
duma-trianita-gultom.pdf

Download (26MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA DALAM MEMBUAT POLA DASAR BUSANA WANITA MENGGUNAKAN MEDIA FLIPCHART BERBANTUAN JOBSHEET DI SMK DIPONEGORO DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA Oleh: DUMA TRIANITA GULTOM NIM: 09513245003 Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran pembuatan pola dasar badan sistem praktis dengan menggunaan media Flipchart berbantuan jobsheet pada penelitian tindakan kelas X SMK Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta dan (2) mengetahui peningkatan kompetensi siswa dalam membuat pola dasar badan sistem praktis dengan menggunakan media flipchart berbantuan jobsheet bagi siswa kelas X SMK Diponegoro Depok Sleman Yogyakarta . Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas secara kolaborasi dengan model spiral dari Kemmis dan Taggart. Subjek dalam penelitian ini adalah 34 siswa kelas X Busana Butik. Teknik pengumpulan data menggunakan catatan lapangan dan lembar penilaian unjuk kerja. Data yang diperoleh berupa kuantitatif yang dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif. Validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas isi (content validity), dan validitas konstrak (construct validity). Reliabilitas instrumen menggunakan teknik antar rater. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan media flipchart berbantuan jobsheet, pengamatan selama berlangsungnya tindakan menggunakan catatan lapangan dan pengamatan mengenai peningkatan kompetensi dalam membuat pola dasar badan sistem praktis siswa menggunakan lembar penilaian unjuk kerja, refleksi pada siklus I, peningkatan kompetensi membuat pola dasar sistem praktis mengalami peningkatan tetapi belum stabil dengan rata-rata kelas 72,3 (14%) yang semula rata-rata 63,7. Pada siklus II mengalami peningkatan dengan rata-rata kelas 82 (28,3%) telah maksimal sesuai yang diharapkan. (2) Peningkatan kompetensi siswa dari siklus I, siklus II mengalami peningkatan sebesar 28,30%, hasil penelitian ini membuktikan terdapat peningkatan kompetensi dalam membuat pola melalui media flipchart berbantuan jobsheet Di SMK Diponegoro Depok Sleman Yoogyakarta. Kata kunci : Flipchart, jobsheet, pola dasar sistem praktis

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Oct 2015 02:17
Last Modified: 30 Jan 2019 03:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26596

Actions (login required)

View Item View Item