HUBUNGAN ANTARA KEBUGARAN JASMANI, INTELIGENSI, DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANTARSARI

Achmad Rifqirridho Azzaky, (2015) HUBUNGAN ANTARA KEBUGARAN JASMANI, INTELIGENSI, DAN MOTIVASI DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA SISWA KELAS XI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 BANTARSARI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ACHMAD RIFQIRRIDHO AZZAKY_11601244009_PJKR.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan faktor pendukung proses pendidikan anak untuk memperoleh prestasi belajar Pendidikan Jasmani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebugaran jasmani, inteligensi, motivasi dengan prestasi belajar pendidikan jasmani siswa kelas Xl SMA Negeri 1 Bantarsari. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XI SMA Negeri 1 Bantarsari yang terdiri dari lima kelas dengan jumlah keseluruhan 168 siswa. Sampel penelitian ini diambil siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bantarsari yang berjumlah 54 orang dengan teknik proporsional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes TKJI, hasil tes IQ, angket, dan nilai raport. Teknik analisis yang digunakan yaitu korelasi dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa F-hitung 9,409 lebih besar dari Ftabel 2,79, berarti ada hubungan yang signifikan antara kebugaran jasmani, inteligensi, dan motivasi dengan prestasi belajar pendidikan jasmani siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bantarsari. Analisis korelasi ganda disertai dengan harga koefisien determinasi (R 2 ). Koefisien determinasi yang diperoleh adalah 0,361, artinya (0,361 x 100%) = 36,1% naik-turunnya prestasi belajar pendidikan jasmani siswa kelas XI SMA Negeri 1 Bantarsari ditentukan oleh kombinasi kebugaran jasmani, inteligensi, dan motivasi, sedangkan sisanya 63,9% ditentukan oleh faktor atau variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kebugaran jasmani, intelegensi, motivasi, prestasi belajar
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 01 Oct 2015 07:38
Last Modified: 01 Oct 2015 07:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26595

Actions (login required)

View Item View Item