PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LAMBANG BILANGAN ROMAWI PADA SISWA KELAS IVA SDN TUKANGAN YOGYAKARTA

Fitriyati, Anis Kurlillah (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LAMBANG BILANGAN ROMAWI PADA SISWA KELAS IVA SDN TUKANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Anis Kurlillah Fitriyati_11108241089.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA SD Negeri Tukangan Yogyakarta melalui penerapan model pembelajaran aktif tipe Index Card Match dalam pembelajaran matematika pada materi lambang bilangan romawi. Metode/teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Active Learning tipe Index Card Match.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemiss Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IVA SD Negeri Tukangan Yogyakarta yang berjumlah 29 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskripsi kuantitatif dan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar lambang bilangan romawi pada siswa kelas IVA SD Negeri Tukangan Yogyakarta melalui penerapan model pembelajaran Active Learning tipe Index Card Match (pencocokan kartu indeks). Adapun peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata tes dan presentase ketuntasan belajar siswa dari pratindakan , tes akhir siklus I dan tes akhir siklus II. Nilai rata-rata siswa sebelum tindakan adalah 61,96, nilai rata-rata pada akhir siklus I adalah 82,82 dan nilai rata-rata pada akhir siklus II adalah 86,37. Pada kondisi awal, 15 siswa telah mencapai KKM dengan presentase ketuntasan belajar 53,57% . Pada hasil tes akhir siklus I sebanyak 23 siswa atau 79,31% dan tes akhir siklus II yaitu 27 siswa atau 93,10% serta hasil observasi siswa sangat baik. Kata kunci: hasil belajar, lambang bilangan romawi, Index Card Match

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 01 Oct 2015 07:37
Last Modified: 30 Jan 2019 03:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26592

Actions (login required)

View Item View Item