OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TEORI DASAR KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK MESIN DENGAN PENDEKATAN COOPERTIVE LEARNING MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO

Dumas, Rasid Ramadhan (2015) OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TEORI DASAR KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK MESIN DENGAN PENDEKATAN COOPERTIVE LEARNING MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
dumas rasid ramadhan-09503241019.pdf

Download (47MB) | Preview

Abstract

OPTIMALISASI PEMBELAJARAN TEORI DASAR KOMPETENSI KEJURUAN TEKNIK MESIN DENGAN PENDEKATAN COOPERTIVE LEARNING MODEL JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK N 2 PENGASIH KULON PROGO Oleh: Dumas Rasid Ramadhan NIM. 09503241019 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimanakah prosedur penggunaan pembelajaran kooperatif model Jigsaw (2) Keaktifan siswa dengan menggunakan model Jigsaw (3) Prestasi belajar siswa dengan menggunakan model Jigsaw pada mata pelajaran DKKTM. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas 2TP 1 dan 2 TP2 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti, observer dan melibatkan siswa. Prosedur penelitian ini meliputi tahap: (1) persiapan; (2) penyusunan rencana tindakan; (3) pelaksanaan tindakan; (4) observasi; dan (5) penyusunan laporan. Proses penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang dilakukan pada penelitian ini dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yaitu (1) Prosedur pembelajaran model Jigsaw yang digunakan yaitu (a) Membentuk kelompok yang berisikan 5 anggota pada setiap kelompoknya; (b) Siswa bertemu dengan anggota–anggota dari kelompok lain yang mempelajari topik yang sama untuk saling bertukar pendapat dan informasi yang disebut dengan kelompok ahli; (c) Anggota kelompok kembali ke kelompok asalnya untuk menyampaikan apa yang didapatkannya kepada teman–teman dikelompoknya; (d) Setiap anggota diuji secara individual melalui kuis. Setiap individu akan memperoleh poin sesuai dengan hasil jawaban kuis masingmasing. Kelompok yang memperoleh poin terbanyak atas peningkatan performa akan mendapatkan penghargaan kelompok. Kelompok yang memperoleh penghargaan tersebut adalah kelompok 2; (2) Keaktifan siswa mengalami peningkatan sebesar 18,83% . Meningkat dari siklus I sebesar 66,51% menjadi 80.12% pada siklus II; (3) Nilai rata-rata kelas pada siklus I meningkat dari nilai rata-rata pra siklus sebesar 6,2, dan siklus I sebesar 7,6. Pada siklus II nilai ratarata kelas juga meningkat menjadi 8,3. Jumlah siswa yang tuntas memenuhi KKM juga meningkat yaitu pada pra siklus sebanyak 7 siswa (22.58%), pada siklus I jumlah siswa tuntas meningkat menjadi 19 siswa (61.29%), kemudian pada siklus II jumlah siswa tuntas menjadi 31 siswa (100%). Kata kunci: Optimalisasi Pembelajaran Teori DKKTM, model Jigsaw

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Oct 2015 02:12
Last Modified: 30 Jan 2019 03:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26591

Actions (login required)

View Item View Item