UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMUKUL BOLA SISWA KLAS V PADA PERMAINAN ROUNDERS MELALUI MODIVIKASI BOLA GANTUNG DI SD NEGERI 2 TUNJUNGSETO KECAMATAN SEMPOR TAHUN 2013/2014

Muhamad Sumaryadi (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMUKUL BOLA SISWA KLAS V PADA PERMAINAN ROUNDERS MELALUI MODIVIKASI BOLA GANTUNG DI SD NEGERI 2 TUNJUNGSETO KECAMATAN SEMPOR TAHUN 2013/2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SUMARYADI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kemampuan memukul pada pembelajaran Rounders siswa kelas V SD Negeri 2 Tunjungseto Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen relatif rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memukul pada pembelajaran permainan Rounders tahun 2013/2014. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian yang digunakan siswa kelas V sejumlah 14 anak. Penelitian tindakan selama dua siklus, setiap siklus dengan dua kali pertemuan, setiap pertemuan selama 70 menit. Peningkatan pembelajaran permainan Rounders difokuskan pada suasana proses pembelajaran yang berupa aktif, semangat, dan tekun serta kemampuan memukul. Data yang diambil oleh peneliti dan kolaborator dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi pengamatan, angket tanggapan siswa dan evaluasi unjuk kerja kemampuan memumukul dalam bermain rounders. Pengambilan data dilakukan saat pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa tindakan dengan modivikasi bola gantung dilakukan dalam dua siklus dengan keseluruhan tiga kali pertemuan, ternyata mampu meningkatkan kemampuan memukul dalam permainan Rounders siswa kelas V SD Negeri 2 Kecamatan Sempor Kabupaten Kebumen. Peningkatan tersebut meliputi : kemampuan memukul siswa dan suasana pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan yang dilakukan oleh kolaborator pada saat proses pembelajaran berlangsung. Saat proses pembelajaran terlihat meningkatnya kemampuan memukul siswa mencapai 85.72%, keaktifan belajar siswa, semangat beraktifitas dari siswa, dan ketekunan dari siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Memukul,bola Rounders, bola gantung.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 01 Oct 2015 07:37
Last Modified: 30 Jan 2019 03:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26590

Actions (login required)

View Item View Item