PERBEDAAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK PUTRI DENGAN PESERTA DIDIK PUTRA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN

Dwi Cahyono (2015) PERBEDAAN SIKAP SOSIAL PESERTA DIDIK PUTRI DENGAN PESERTA DIDIK PUTRA KELAS VIII DI SMP MUHAMMADIYAH 1 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Dwi Cahyono_11601241034.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena belum diketahuinya perbedaan sikap sosial peserta didik putri dengan peserta didik putra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap sosial peserta didik putri dengan peserta didik putra kelas VIII di SMP Muhammadiyah 1 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan menggunakan metode survei, adapun teknik pengambilan datanya menggunakan angket sikap sosial yang terdiri dari 30 pernyataan meliputi indikator disiplin, tanggung jawab, sportivitas, tolong menolong, saling menghargai, dan bekerja sama. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Klaten. Sampel yang diambil adalah 100 peserta didik, terdiri dari 50 peserta didik putri dan 50 peserta didik putra. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik uji-t. Sebelum melakukan uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat, yaitu uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa t hitung sebesar 8,851 dan t tabel pada taraf signifikasi 5% sebesar 1,98. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara sikap sosial peserta didik putri dengan peserta didik putra. Peserta didik putri memiliki sikap sosial yang lebih tinggi daripada peserta didik putra. Jumlah rerata peserta didik putri sebesar 104,60 sedangkan rerata peserta didik putra sebesar 95,46.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: sikap sosial, peserta didik putri, peserta didik putra.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 01 Oct 2015 07:37
Last Modified: 11 Mar 2019 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26584

Actions (login required)

View Item View Item