PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BENTUK VIDEO COMPACT DISC (VCD) DALAM PELATIHAN TEKNIK DASAR AEROBIC GYMNASTICS UNTUK ANAK USIA DINI

Muryanti Ardani (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA BENTUK VIDEO COMPACT DISC (VCD) DALAM PELATIHAN TEKNIK DASAR AEROBIC GYMNASTICS UNTUK ANAK USIA DINI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Other
SKRIPSI_.PDF

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu produk Video Compact Disc (VCD) dan buku pedoman untuk pelatihan teknik dasar Aerobic Gymnastics anak usia dini yang dapat digunakan sebagai bahan belajar secara mandiri. Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development), yang menggunakan sepuluh langkah dalam penelitian pengembangan. Pengembangan VCD ini, terlebih dahulu divalidasi oleh satu ahli materi, satu ahli media dan 5 siswa untuk ujicoba satu lawan satu, 10 siswa untuk ujicoba kelompok kecil, 20 siswa untuk ujicoba kelompok lapangan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa Sekolah Dasar. Analisis data dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif rerata skor. Hasil penelitian dan pengembangan menerangkan secara keseluruhan, VCD dan buku pedoman dengan pokok bahasan materi pemantauan teknik dasar Aerobic Gymnastics dengan hasil: (1) rerata skor penilaian dari ahli materi sebesar 4,41 termasuk dalam kriteria “sangat layak” ; (2) rerata skor penilaian dari ahli medi sebesar 4,6 termasuk dalam kriteria “sangat layak” ; (3) rerata skor penilaian pada ujicoba satu lawan satu sebesar 4,8 termasuk dalam kriteria “sangat layak” ; (4) rerata skor penilaian pada ujicoba kelompok kecil sebesar 4,4 termasuk dalam kriteria “sangat layak” ; (5) rerata skor penilaian pada ujicoba lapangan sebesar 4,57 termasuk dalam kriteria “sangat layak”. Berdasarkan hasil penelitian dangtanggapan yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan VCD dan buku pedoman ini layak untuk digunakan dan dikembangkan, dengan harapan anak dapat belajar secara mandiri dan bermanfaat dalam berlatih.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pengembangan, Multimedia, Video Compact Disc (VCD), Pelatihan, Anak Usia Dini
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Sep 2015 08:31
Last Modified: 11 Mar 2019 01:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26559

Actions (login required)

View Item View Item