UPAYA PENINGKATKAN RANAH AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN TOLAK PELURU DENGAN METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 GIYANTI KECAMATAN ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Rahadi Ananto (2015) UPAYA PENINGKATKAN RANAH AFEKTIF DALAM PEMBELAJARAN TOLAK PELURU DENGAN METODE BERMAIN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 2 GIYANTI KECAMATAN ROWOKELE KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
FULL SKRIPSI RAHADI FIX.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan ranah afektif siswa yang meliputi motivasi, disiplin, partisipasi, dan semangat dalam pembelajaran tolak peluru dengan metode bermain pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Giyanti, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, siklus pertama dilakukan sebanyak dua kali pertemuan, sedangkan siklus kedua dilaksanakan satu kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI SD Negeri 2 Giyanti yang berjumlah 11 siswa. Siklus pertama dilaksanakan pada tanggal 2 dan 9 Oktober 2014, sedangkan siklus kedua dilaksanakan pada tanggal 16 Oktober 2014 Pengambilan datanya dilakukan oleh peneliti dan kolaborator, dengan menggunakan lembar pengamatan afektif siswa dan angket tanggapan siswa. Pengamatan dilakukan pada saat sebelum pembelajaran dimulai, selama proses pembelajaran berlangsung, dan sesudah pembelajaran selesai. Analisis data dilakukan dengan cara merefleksi hasil observasi dan evaluasi terhadap kegiatan sebelum pembelajaran dimulai, selama proses pembelajaran berlangsung, dan sesudah pembelajaran selesai dan diolah menjadi kalimat yang bermakna dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diberi tindakan sebanyak dua siklus dengan tiga kali pertemuan dapat meningkatkan ranah afektif dalam pembelajaran tolak peluru. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah melalui metode bermain dapat meningkatkan ranah afektif dalam pembelajaran tolak peluru pada siswa kelas VI SD Negeri 2 Giyanti, Kecamatan Rowokele, Kabupaten Kebumen tahun pelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ranah afektif, pembelajaran tolak peluru, metode bermain
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Sep 2015 08:31
Last Modified: 30 Jan 2019 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26554

Actions (login required)

View Item View Item