IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CO-OP CO-OP UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KONTINENTAL SISWA KELAS X DI SMK SWADAYA TEMANGGUNG

Dita, Kusumawati (2015) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CO-OP CO-OP UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KONTINENTAL SISWA KELAS X DI SMK SWADAYA TEMANGGUNG. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Dita Kusumawati 06511241023.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE CO-OP CO-OP UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN KONTINENTAL SISWA KELAS X DI SMK SWADAYA TEMANGGUNG Oleh: Dita Kusumawati 06511241023 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengetahui bagaimana pelaksanaan proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe co-op co-op pada mata pelajaran kontinental siswa kelas X SMK Swadaya Temanggung. 2) mengetahui peningkatan prestasi belajar kontinental siswa kelas X SMK Swadaya Temanggung setelah menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe co-op co-op. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas atau CAR (Classroom Action Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes prestasi belajar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Swadaya Temanggung sebanyak 35 siswa. Keabsahan data dalam penelitian ini untuk data kualitatif menggunakan triangulasi teknik sedangkan data kuantitatif menggunakan uji instrumen. Penelitian ini menggunakan dua bentuk analisis data yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pelaksanaan pembelajaran kontinental dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe coop - co-op pada siswa kelas X SMK Swadaya Temanggung berjalan dengan baik. Tugas tim berupa pembentukan tim, persiapan presentasi topik kecil, presentasi topik kecil, persiapan presentasi topik tim, presentasi tim diselesaikan dengan kerjasama tim yang teratur dan penuh tanggung jawab. Tugas individu atau spesialisasi tugas berupa pemecahan topik kecil dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab dan rasa ketertarikan untuk menyelesaikan tugas hal ini karena adanya motivasi berupa tambahan nilai, pemahaman yang lebih, dan juga variasi penggunaan media internet. Keberhasilan pembelajaran didukung dengan kondisi suasana belajar yang kondusif dan guru yang mampu menciptakan suasana pembelajaran yang mengarah pada pendekatan model cooperative learning tipe co-op - co-op. 2) Prestasi belajar secara afektif dan psikomotor meningkat yang diketahui dari sebelum adanya tindakan kerjasama antar siswa dikelas monoton dan pada siklus I kerjasama siswa meningkat meski belum maksimal dan mulai lebih baik pada siklus II siswa lebih mempunyai motivasi dan tanggungjawab sehingga mulai nampak keaktifan dan jiwa kerjasama antar siswa. Prestasi belajar kognitif meningkat dilihat sebelum tindakan siswa yang mencapai KKM sebesar 43% lalu meningkat pada siklus I sebesar 86% dan meningkat pada siklus II dengan jumlah prosentase siswa yang mencapai KKM menjadi 100%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 29 Sep 2015 03:44
Last Modified: 30 Jan 2019 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26553

Actions (login required)

View Item View Item