STUDI KUALITATIF DESKRIPTIF PERILAKU KONSUMEN RILISAN FISIK VYNIL DI YOGYAKARTA

Sulistiyono (2015) STUDI KUALITATIF DESKRIPTIF PERILAKU KONSUMEN RILISAN FISIK VYNIL DI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
Sulistiyono_09408144042.pdf

Download (838kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang implementasi perilaku konsumen dalam mengonsumsi rilisan fisik vinyl di Yogyakarta. Teknik pengambilan subjek penelitian atau informan yang digunakan adalah purposive sampling, dengan kriteria: 1) Informan pernah membeli vinyl; 2) Informan pernah mengonsumsi vinyl; 3) Berusia 19 tahun keatas, karena usia tersebut dinilai sudah cukup mampu memberikan pendapat dan pernyataan yang tidak berubah-ubah. Lebih spesifik, kriteria informan yang dipilih sebanyak tiga orang yang berlatar belakang profesi terkait dengan musik, satu orang pekerja, dan satu orang mahasiswa, hal itu dimaksudkan agar informan mempunyai sudut pandang dan keunikan tersendiri. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, serta teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan metode perbandingan tetap atau constant comparative method. Pada akhirnya, pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Dari kelima informan, diketahui bahwa salah satu informan menjadi triangulasi sumber adalah Martinus Indra, karena mempunyai latar belakang profesi yang sangat erat kaitannya dengan musik dan vinyl. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa menurut informan, perilaku konsumen dalam mengonsumsi rilisan fisik vinyl di Yogyakarta dipengaruhi oleh faktor internal yang meliputi: 1) Pekerjaan; 2) Pengalaman masa lalu; 3) Kekayaan; 4) Hobi; 5) Selera; dan 6) Rasa suka, sedangkan faktor internal yang tidak mempengaruhi terdiri dari: 1) Usia; 2) Pendidikan; 3) Sifat atau Kepribadian; dan 4) Simpati. Selain itu juga, ditemukan bahwa perilaku konsumen dalam mengonsumsi vinyl juga dipengaruhi faktor eksternal yaitu 1) Budaya; 2) Gaya hidup; 3) Teman; 4) Produk; 5) Promosi; 6) Harga; dan 7) Kualitas produk, sedangkan faktor eksternal yang tidak mempengaruhi ialah: 1) Orang tua; 2) Status sosial; 3) Ketersediaan produk; 4) Garansi, dan 5) Faktor Kebutuhan Keunikan yang mempengaruhi adalah langka

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: perilaku konsumen, faktor internal, faktor eksternal, kebutuhan keunikan, vinyl
Subjects: Umum > Karya Ilmiah
Manajemen
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Admin Manajemen FE
Date Deposited: 29 Sep 2015 08:31
Last Modified: 30 Jan 2019 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26552

Actions (login required)

View Item View Item