HAMBATAN BELAJAR BOLAVOLI MINI BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI BATURAN 2 KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMAN

Sari Hargono (2015) HAMBATAN BELAJAR BOLAVOLI MINI BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI BATURAN 2 KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Sari Hargono.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih ada beberapa siswa kelas V SD Negeri Baturan 2 Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman yang masih bingung saat bermain bolavoli mini, arah bola belum akurat, saat passing lengan kurang lurus dan rapat. Tujuan penelitian untuk mengetahui besarnya hambatan yang dialami siswa kelas V SD Negeri Baturan 2 Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman dalam belajar bolavoli mini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas V SD Negeri Baturan 2 Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman sejumlah 22 siswa. Instrumen penelitian adalah angket model tertutup mengadopsi dari Fitria Rahmayanti (2014) yang dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti dengan nilai reliabilitas sebesar “0,820” berkategori sedang dan r hitung lebih besar r dari taraf kesalahan 5% (“0,820”>“0,444”), sehingga dapat disimpulkan instrumen angket adalah reliabel. Teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. tabel Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan siswa kelas V SD Negeri Baturan 2 Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman dalam belajar bolavoli mini secara keseluruhan, untuk kategori “sangat tinggi” sebanyak 2 siswa atau sebesar 9,09%; kategori “tinggi” sebanyak 4 siswa atau sebesar 18,18%; kategori “sedang” sebanyak 2 siswa atau sebesar 9,09%; kategori “rendah” sebanyak 6 siswa atau sebesar 27,27%; dan kategori “sangat rendah” sebanyak 8 siswa atau sebesar 36,37%. Faktor Intern, untuk kategori “sangat tinggi” sebanyak 4 siswa atau sebesar 18,18%; kategori “tinggi” sebanyak 3 siswa atau sebesar 13,64%; kategori “sedang” sebanyak 5 siswa atau sebesar 22,73%; kategori “rendah” sebanyak 7 siswa atau sebesar 31,82%; dan kategori “sangat rendah” sebanyak 3 siswa atau sebesar 13,64%. Faktor Ekstern, untuk kategori “sangat tinggi” sebanyak 4 siswa atau sebesar 18,18%; kategori “tinggi” sebanyak 3 siswa atau sebesar 13,64%; kategori “sedang” sebanyak 6 siswa atau sebesar 27,27%; kategori “rendah” sebanyak 0 siswa atau sebesar 0%; dan kategori “sangat rendah” sebanyak 9 siswa atau sebesar 40,91%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hambatan, Belajar, Bolavoli Mini, Siswa SD
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Sep 2015 08:31
Last Modified: 30 Jan 2019 03:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26545

Actions (login required)

View Item View Item