Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Membaca Gambar Teknik Di SMK PIRI 1 Yogyakarta

Dionysius, Dwi Noviantoro (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Membaca Gambar Teknik Di SMK PIRI 1 Yogyakarta. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Dionysius Dwi Noviantoro 11503247012.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Membaca Gambar Teknik Di SMK PIRI 1 Yogyakarta Oleh: Dionysius Dwi Noviantoro 11503247012 ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana cara model pembelajaran CTL dapat meningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Membaca Gambar Teknik; (2) Mengetahui ada tidaknya peningkatan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran Membaca Gambar Teknik dengan model pembelajaran CTL. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan pada bulan September 2013 hingga November 2013 di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Subjek penelitian ini adalah 23 siswa kelas XI jurusan teknik pemesinan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data tentang prestasi belajar diperoleh melalui soal tes kemudian dianalisis untuk membandingkan hasil ujian pada setiap siklus. Dalam hasil penelitian ini model pembelajaran CTL dapat meningkatkan prestasi belajar dengan cara: memberikan tindakan pada siklus I berupa pemberian contoh benda nyata, membagi menjadi 4 kelompok; memberikan perbaikan pada siklus II berupa pembagian kelompok dengan jelas, memberi contoh benda nyata, dan memberi contoh gambar dengan media Inventor 2014; memberikan tindakan perbaikan pada siklus III berupa pemberian dorongan dari guru dan bimbingan dalam kelompok untuk aktif bertanya, umpan balik, penguatan, pembagian kelompok, pemberian contoh benda nyata, pemberian contoh gambar melalui Inventor 2014, dan penyimpulan materi di akhir pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Membaca Gambar Teknik dengan menggunakan model pembelajaran CTL. Kata kunci : Contextual Teaching And Learning (CTL), Gambar Teknik Mesin, Prestasi Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 29 Sep 2015 01:46
Last Modified: 30 Jan 2019 03:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26539

Actions (login required)

View Item View Item