KAJIAN FAKTOR PENGHAMBAT PEMBINAAN DI SEKOLAH SEPAKBOLA (SSB) ANGGOTA IKATAN KELUARGA SEKOLAH SEPAKBOLA (IKA SSB) KABUPATEN SLEMAN

Farid Syaifurrohman (2015) KAJIAN FAKTOR PENGHAMBAT PEMBINAAN DI SEKOLAH SEPAKBOLA (SSB) ANGGOTA IKATAN KELUARGA SEKOLAH SEPAKBOLA (IKA SSB) KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Farid.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Belum diketahuinya tentang hambatan pada proses pembinaan di SSB anggota IKA SSB Kabupaten Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktor apa saja yang menjadi penghambat pada proses pembinaan di SSB anggota IKA SSB Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei dengan teknik pengambilan datanya menggunakan angket. Populasi pada penelitian ini adalah pengurus dan pelatih SSB yang menjadi anggota IKA SSB Kabupaten Sleman yang berjumlah 12 SSB. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling, dengan kriteria yaitu: (1) pengurus harian dan pelatih SSB yang secara aktif, (2) mengetahui saat proses berlatih maupun bertanding, (3) sekurang-kurangnya minimal telah menjadi pengurus dan pelatih di lingkup pembinaan SSB di Kabupaten Sleman selama 1 tahun. Berdasarkan kriteria tersebut yang memenuhi berjumlah berjumlah 24 orang, dengan rincian pengurus berjumlah 12 orang dan pelatih 12 orang. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang menghambat pembinaan di SSB IKA SSB Kabupaten Sleman dari faktor sumber daya manusia persentase sebesar 51,12%, faktor proses pembinaan olahraga sebesar 13,31%, faktor sarana dan prasarana sebesar 6,64%, faktor lingkungan sebesar 19,08%, dan faktor kompetisi sebesar 9,85%. Faktor-faktor yang menghambat pembinaan di SSB IKA SSB Kabupaten Sleman berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 8,33%, kategori “rendah” sebesar 20,83%, kategori “sedang” sebesar 33,33%, kategori “tinggi” sebesar 33,33%, kategori “sangat tinggi” sebesar 4,17%. Berdasarkan nilai rata-rata, yaitu 120,54, faktorfaktor yang menghambat pembinaan di SSB IKA SSB Kabupaten Sleman masuk dalam kategori “sedang”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: faktor penghambat, pembinaan, SSB anggota IKA SSB Kabupaten Sleman
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Sep 2015 08:31
Last Modified: 11 Mar 2019 01:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26534

Actions (login required)

View Item View Item