Nur Aziza, Arfiana (2015) PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENGANTAR EKONOMI DAN BISNIS SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMKN 1 KLATEN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMKN 1 Klaten tahun ajaran 2014/2015, 2) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMKN 1 Klaten tahun ajaran 2014/2015, 3) pengaruh kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMKN 1 Klaten tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas X Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 1 Klaten. Sampel penelitian berjumlah 113 siswa diambil dengan teknik proporsional random sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket dan dokumentasi. Pengujian hipotesis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif kompetensi pedagogik guru terhadap prestasi belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis dibuktikan dengan nilai koefisien garis positif sebesar 0,066, nilai t sebesar 4,795, dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; 2) terdapat pengaruh positif fasilitas belajar terhadap prestasi belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis dibuktikan dengan nilai koefisien garis positif sebesar 0,117, nilai t sebesar 6,056, dan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05; 3) terdapat pengaruh positif kompetensi pedagogik guru dan fasilitas belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis dibuktikan dengan nilai F hitung sebesar 66,770 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien determinan sebesar 0,548. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa fasilitas belajar memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap prestasi belajar Pengantar Ekonomi dan Bisnis dibandingkan kompetensi pedagogik guru.
| Item Type: | Thesis (S1) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Sosial > Ekonomi > Akuntansi Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Ekonomi |
| Depositing User: | Admin Pendidikan Ekonomi FE |
| Date Deposited: | 28 Sep 2015 08:53 |
| Last Modified: | 30 Jan 2019 03:39 |
| URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26519 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
