Sudarman (2015) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI PENDEKATAN BERMAIN LOMPAT TALI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PANGINAN KECAMATAN TEMON KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.
|
Text
SKRIPSI.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Hasil belajar lompat jauh siswa saat ini masih belum memenuhi KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan hasil belajar lompat jauh melalui pendekatan bermain lompat tali pada siswa kelas IV SD Negeri Panginan Kecamatan Temon Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Panginan Kecamatan Temon Kulon Progo dengan jumlah total 34 orang terdiri atas 16 siwa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan yaitu tes unjuk kerja lompat jauh. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil lompat jauh melalui bermain lompat tali pada siswa kelas IV SD Negeri Panginan Kecamatan Temon Kulon Progo ditandai dengan peningkatan nilai ratarata siswa. Nilai rata-rata siswa pada kegiatan pratindakan sebesar 55,70 dengan persentase ketuntasan sebesar 35,32%. Kondisi tersebut mengalami peningkatan nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu sebesar 65,63 dan persentase ketuntasan sebesar 55,58%. Namun, peningkatan tersebut masih belum mencapai target yang ditetapkan sebelumnya. Kemudian setelah melanjutkan ke siklus II nilai rata-rata lompat jauh siswa kembali mengalami peningkatan sebesar 70,40 dengan persentase ketuntasan sebesar 79,41%. Hal tersebut menunjukkan bahwa target yang telah ditetapkan sebelumnya sudah tercapai sehingga penelitian dihentikan pada siklus II. Proses pembelajaran lompat jauh menggunakan pendekatan bermain lompat tali berlangsung dinamis dan menyenangkan. Peserta didik aktif melaksanakan tugas dan mengamati gerakan teknik lompat jauh dan saling diskusi dengan teman. Seluruh aspek penilaian dikuasai peserta didik. Kemampuan lompat jauh peserta didik meningkat dengan ditandai dengan seluruh peserta didik tuntas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yaitu 67.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | lompat jauh, bermain lompat tali, SD Negeri Panginan |
Subjects: | Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpustakaan FIK |
Date Deposited: | 28 Sep 2015 08:53 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 03:39 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26515 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |