PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XE SMAN 1 JOGONALAN KLATEN

Chandrawati, Farida (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS XE SMAN 1 JOGONALAN KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FARIDA CHANDRAWATI_11404244026.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian yang dilakukan melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah terintegrasi dengan pendidikan karakter yang diterapkan di kelas XE SMAN 1 Jogonalan Klaten, bertujuan untuk mengetahui: 1) peningkatan aktivitas belajar ekonomi, 2) peningkatan hasil belajar ekonomi, dan 3) pengembangan karakter siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XE SMAN 1 Jogonalan Klaten yang terdiri dari 36 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi untuk mengambil data mengenai aktivitas dan hasil belajar ekonomi, serta karakter siswa secara langsung. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar ekonomi berdasarkan aspek kognitif. Dokumentasi digunakan untuk mengambil data mengenai aktivitas dan hasil belajar ekonomi melalui penelitian data-data tertulis. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan dari siklus ke siklus: 1) rata-rata aktivitas belajar ekonomi yang termasuk kriteria sangat tinggi mengalami peningkatan, sedangkan yang termasuk kriteria cukup tinggi mengalami penurunan, 2) hasil belajar ekonomi yang mencapai KKM mengalami peningkatan, sedangkan yang tidak mencapai KKM mengalami penurunan, dan 3) rata-rata nilai karakter siswa yang termasuk kriteria membudaya mengalami peningkatan, sedangkan yang termasuk kriteria mulai terlihat mengalami penurunan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 28 Sep 2015 08:53
Last Modified: 30 Jan 2019 03:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26514

Actions (login required)

View Item View Item