PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI PERBAIKAN RINGAN RANGKAIAN SISTEM KELISTRIKAN DAN INSTRUMEN KELAS XI OTO SMK DIPONEGORO DEPOK TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014

Dimas, Riwianto W.N. (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI PERBAIKAN RINGAN RANGKAIAN SISTEM KELISTRIKAN DAN INSTRUMEN KELAS XI OTO SMK DIPONEGORO DEPOK TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Dimas Riwianto Wahyu Nugroho-08504241004.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar standar kompetensi perbaikan ringan rangkaian sistem kelistrikan dan instrumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar standar kompetensi perbaikan ringan rangkaian sistem kelistrikan dan instrumen siswa kelas XI OTO di SMK Diponegoro Depok dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan model penelitian dari Kemmis dan Taggart. Tahapan yang dilakukan dalam penilitian ini yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Dalam tahapan tindakan kelas tersebut diterapkan metode pembelajaran kooperatif tipe NHT yang meliputi tahap Pemberian nomor (Numbering), pemberian lembar kerja (Questening), diskusi (Head together) dan presentasi (Answering).Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI OTO di SMK Diponegoro Depok yang berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan tes. Observasi dilakukan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kooperatif Tipe NHT dari awal hingga akhir. Test digunakan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar standar kompetensi perbaikan ringan rangkaian sistem kelistrikan dan instrumen. Validitas instrumen lembar observasi dan tes menggunakan validitas isi yang disusun dengan meminta pertimbangan dosen pembimbing dan disetujui oleh dua dosen ahli sebagai experts judgment. Siklus dalam penelitian ini akan dihentikan apabila persentase siswa yang mencapai KKM lebih dari 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran kooperatif tipe NHT mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada kompetensi perbaikan ringan rangkaian sistem kelistrikan dan instrumen. Pada siklus I nilai pretes ratarata siswa adalah 21,82 sedangkan nilai rata-rata postesnya adalah 68,03. Berdasarkan hasil postes siklus I, siswa yang telah mencapai KKM berjumlah 18 orang. Pada siklus II nilai pretes rata-rata siswa adalah 38,33 sementara nilai postesnya adalah 76,36. Berdasarkan hasil postes siklus II, siswa yang mencapai KKM berjumlah 30 orang. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa pada siklus I siswa yang mencapai KKM adalah 54,55% sedangkan pada siklus II 90,9% siswa mencapai KKM. Penelitian ini dihentikan sampai siklus II karena pencapaian hasil belajar siswa sudah sesuai dengan yang diharapkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hipotesis dalam penelitian dapat diterima. Kata kunci: metode pembelajaran kooperatif tipe NHT dan hasil belajar PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDAR KOMPETENSI PERBAIKAN RINGAN RANGKAIAN SISTEM KELISTRIKAN DAN INSTRUMEN KELAS XI OTO SMK DIPONEGORO DEPOK TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014 Oleh Dimas Riwianto W.N. NIM. 08504241004 ABSTRAK

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 28 Sep 2015 02:09
Last Modified: 30 Jan 2019 03:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26513

Actions (login required)

View Item View Item