PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS II SD SAMPANGAN BANGUNTAPAN BANTUL

Ulfah, Niken Fitria (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SISWA KELAS II SD SAMPANGAN BANGUNTAPAN BANTUL. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Niken Fitria Ulfah_11108241096.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses pembelajaran menulis deskripsi dan meningkatkan keterampilan menulis deskripsi dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas II SD Sampangan Banguntapan Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SD Sampangan Banguntapan Bantul yang berjumlah 35. Desain penelitian ini menggunakan model spiral yang dikembangkan oleh Mc Kemmis & Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes, 2) observasi, 3) wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif yaitu dengan mencari rerata. Hasil penelitian dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas II SD Sampangan Banguntapan Bantul.Peningkatan keterampilan menulis pada siklus I sebesar 6,86, darikondisi awal 64,02 meningkat menjadi 70,88. Pada siklus II meningkat sebesar 14,77, darikondisi awal 64,02 meningkat menjadi 78,79.Adapun tahapan proses meningkatkan keterampilan menulis deskripsi menggunakan media gambar yaitu: siswa mengamati demontrasi media gambar; siswa diberi kesempatan bertanya berkaitan dengan gambar; siswa menyimak penjelasan guru mengenai media gambar; siswa menyimak penjelasan mengenai kelengkapan penulisan kata, ketepatan menulis kata, kejelasan penulisan kata, kerapian, kebersihan; siswa menulis deskripsi yang berkaitan dengan gambar; setelah selesai menulis deskripsi, siswa diminta membacakan hasil tulisannya di depan kelas, siswa yang lain memperhatikan siswa yang membaca; dan hasil tulisan deskripsi dikumpulkan untuk dinilai oleh guru. Kata kunci: keterampilan menulis deskripsi, media gambar, SD.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 28 Sep 2015 08:53
Last Modified: 30 Jan 2019 03:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26511

Actions (login required)

View Item View Item