PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMUKUL BOLA SOFTBALL BERBASIS MOBILE LEARNING PLATFORM ANDROID UNTUK MATAKULIAH DASAR GERAK SOFTBALL & BASEBALL DAN PERMAINAN SOFTBALL UNTUK MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Alfian Nurhidayat (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MEMUKUL BOLA SOFTBALL BERBASIS MOBILE LEARNING PLATFORM ANDROID UNTUK MATAKULIAH DASAR GERAK SOFTBALL & BASEBALL DAN PERMAINAN SOFTBALL UNTUK MAHASISWA FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I-BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pengembangan media pembelajaran untuk mahasiswa FIK UNY matakuliah dasar gerak softball & baseball dan permainan softball pada materi memukul bola softball. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berbasis mobile learning platform android untuk mahasiswa FIK UNY materi memukul bola softball dalam bentuk Application Package File (Apk). Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, pengembangan yang dilakukan melalui tahapan sebagai berikut: analisis kebutuhan, mengembangkan produk awal, dan evaluasi produk. Setelah melalui tahap produksi dihasilkan produk awal yang divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Selanjutnya, produk diujicobakan kepada peserta didik melalui beberapa tahap, uji coba satu lawan satu, uji coba kelompok kecil, dan uji coba kelompok besar. Subjek uji coba ini adalah mahasiswa FIK UNY yang akan atau sedang menempuh matakuliah dasar gerak softball & baseball dan permainan softball sebanyak 53 mahasiswa. Teknik pngumpulan data penelitian ini menggunakan angket (kuesioner). Data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk. Data kualitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian berupa media pembelajaran berbasis mobile learning platform android yang telah diujicobakan. Hasil validasi ahli materi adalah “Sangat Baik” dengan rerata skor 4,47 dan ahli media menilai “Sangat Baik” dengan rerata skor 4,285. Penilaian peserta didik pada uji coba utama media pembelajaran adalah “Baik” dengan rerata skor penilaian 3,935. Jadi dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, memukul bola softball, mahasiswa FIK UNY
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Sep 2015 08:53
Last Modified: 11 Mar 2019 02:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26506

Actions (login required)

View Item View Item