PENGARUH METODE LATIHAN SMALL SIDED GAME DAN METODE LATIHAN PASSING DRILL TERHADAP KETERAMPILAN TEKNIK DASAR PASSING SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMP NEGERI 3 BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Ganesha Septiadi (2015) PENGARUH METODE LATIHAN SMALL SIDED GAME DAN METODE LATIHAN PASSING DRILL TERHADAP KETERAMPILAN TEKNIK DASAR PASSING SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMP NEGERI 3 BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Ganesha Septiadi.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh teknik passing siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 3 Bantul yang masih kurang baik dan belum diketahui metode latihan yang cocok diterapkan pada peserta ekstrakurikuler sepakbola. Dari beberapa metode latihan, peneliti memilih metode latihan small sided games dan metode latihan passing drill untuk meningkatkan keterampilan teknik dasar passing siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola. Tujuan diadakannya penelitian adalah mengetahui pengaruh metode latihan small sided games dan passing drill terhadap keterampilan teknik dasar passing siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 3 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan metode two groups pretest posttet design. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, pengukuran, dan treatment. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 3 Bantul dengan jumlah 54 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler sepakbola yang masih aktif sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes mengoper bola rendah yang dibuat oleh Subagyo Irianto. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji persyaratan dan statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 16 kali pertemuan, dan dilaksanakan 3 kali per minggu setiap hari senin, rabu, dan sabtu. Dimulai pukul 15.30 WIB sampai pukul 17.00 WIB dengan waktu efektif inti treatment 25 menit. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan passing bola rendah siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di SMP Negeri 3 Bantul yaitu untuk kelompok latihan small sided games peningkatan mean dari selisih pre test dan post test sebesar 1,867 poin, sedangkan untuk kelompok latihan passing drill peningkatan mean dari selisih pre test dan post test sebesar 2,33 poin.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Ekstrakurikuler Sepakbola, Small Sided Games, Passing Drill
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Sep 2015 08:53
Last Modified: 11 Mar 2019 02:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26504

Actions (login required)

View Item View Item