MOTIVASI SISWA KELAS IV DAN V TERHADAP PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA KECIL DI SD NEGERI JETAK KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN

Ponimin (2015) MOTIVASI SISWA KELAS IV DAN V TERHADAP PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA KECIL DI SD NEGERI JETAK KECAMATAN GODEAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_PONIMIN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian adalah siswa kelas IV dan V SD Negeri Jetak Kecamatan Godean Kabupaten Sleman yang dalam pembelajaran Penjaskes belum maksimal dan kurang termotivasi. Tujuan penelitian untuk menganalisis motivasi siswa kelas IV dan V terhadap pembelajaran permainan bola kecil di SD Negeri Jetak Kecamatan Godean Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas IV dan V SD Negeri Jetak Kecamatan Godean Kabupaten Sleman sejumlah 49 siswa. Instrumen penelitian adalah angket model tertutup sebanyak 25 butir pernyataan. Uji validitas dengan teknik pengujian validitas konstruk. Teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa kelas IV dan V terhadap pembelajaran permainan bola kecil di SD Negeri Jetak Kecamatan Godean Kabupaten Sleman untuk kategori “sangat tinggi” sebanyak 8 siswa (16,3%); kategori “tinggi” sebanyak 18 siswa (36,7%); kategori “sedang” sebanyak 17 siswa (34,7%); kategori “rendah” sebanyak 4 siswa (8,2%) dan kategori “sabgat rendah” sebanyak 2 siswa (4,1%). Gambaran motivasi siswa yaitu siswa memiliki keinginan untuk belajar, dirasa memberi manfaat mempelajari permainan bola kecil, dan lingkungan yang mendukung menunjukkan proses motivasi menjadi meningkat pada pembelajaran permainan bola kecil.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Siswa SD, Permainan Bola Kecil.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Sep 2015 00:48
Last Modified: 30 Jan 2019 03:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26500

Actions (login required)

View Item View Item