UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII C MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUALISASI, AUDITORI, KINESTETIK)DI MTS NEGERI YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2014/2015

Fatmiyati, Isnaeni (2015) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VII C MELALUI MODEL PEMBELAJARAN VAK (VISUALISASI, AUDITORI, KINESTETIK)DI MTS NEGERI YOGYAKARTA 1 TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 11416244030.swf - Published Version

Download (5MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VII C MTs Negeri Yogyakarta 1 masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VII C dengan menerapkan model pembelajaran VAK (Visualisasi, Auditori, Kinestetik) di MTsN Yogyakarta 1; dan (2) mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS siswa kelas VII C dengan menggunakan model pembelajaran VAK (Visualisasi, Auditori, Kinestetik). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII C MTsN Yogyakarta 1 Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus ditempuh dengan satu kali tindakan dan terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif model Miles dan Huberman mencakup reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data diketahui melalui triangulasi metode. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini ditentukan apabila rata-rata persentase indikator motivasi dan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS mencapai 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran VAK pada mata pelajaran IPS di kelas VII C MTsN Yogyakarta 1 dapat dilakukan dengan media powerpoint, menyusun gambar, diskusi, presentasi dan kuis tebak gambar; dan (2) Berdasarkan hasil yang diperoleh dari angket menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang berdampak pada peningkatan hasil belajar IPS. Data hasil belajar IPS diperoleh dari hasil tes sesudah tindakan. Perolehan hasil pada siklus I masih rendah, tindakan dilanjutkan siklus II. Pada siklus II ini, hasil motivasi dan hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yakni ≥ 75%, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil. Kata Kunci: motivasi belajar, hasil belajar dan model pembelajaran VAK (Visualisasi, Auditori, Kinestetik).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 25 Sep 2015 03:40
Last Modified: 26 Oct 2015 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26497

Actions (login required)

View Item View Item