Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar untuk Pembelajaran IPS Siswa SMP Kelas VIII

Prihatina, Rahimah Rabita Nor (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar untuk Pembelajaran IPS Siswa SMP Kelas VIII. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi FULL 11416241043.swf - Published Version

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) cara mengembangkan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk pembelajaran IPS siswa SMP kelas VIII; dan (2) tingkat kelayakan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk pembelajaran IPS siswa SMP kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan atau R&D (Research and Development). Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar penilaian validator serta lembar uji penggunaan. Data penelitian diperoleh dari hasil validasi media oleh satu orang ahli materi dan satu orang ahli media, serta hasil uji penggunaan oleh satu orang guru IPS dan 30 siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tempel. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) cara mengembangkan media pembelajaran buku cerita bergambar untuk pembelajaran IPS siswa SMP kelas VIII, yaitu; a) penelitian dan pengumpulan informasi yang terdiri dari melakukan studi literatur, tinjauan standar isi dan menentukan materi, b) perencanaan yang terdiri dari pembuatan kisi-kisi instrumen penelitian dan pembuatan instrumen penelitian, c) pengembangan bentuk awal produk yang terdiri dari pembuatan skenario cerita dan gambar secara manual menggunakan kertas A4, pensil penghapus, penggaris, dan ditebalkan menggunakan tinta hitam, kemudian scan, diedit menggunakan corel draw, dan dicetak dengan ukuran A5 menggunakan kertas art paper dan dijilid dengan kertas ivory, kemudian melakukan validasi media oleh ahli materi dan ahli media; d) uji penggunaan oleh guru dan siswa, e) melakukan penyempurnaan produk, dan f) produksi terbatas; dan 2) penelitian ini menunjukkan bahwa media yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari hasil validasi media oleh ahli materi dengan rerata skor akhir sebesar 4, hasil validasi media oleh ahli media dengan rerata skor akhir sebesar 4,367, uji penggunaan media oleh guru dalam uji coba terbatas dengan rerata skor akhir sebesar 4,45 dan uji coba pemakaian dengan rerata skor akhir sebesar 4,65, serta uji penggunaan media oleh siswa dalam uji coba terbatas dengan rerata skor akhir sebesar 4,45 dan uji coba pemakaian dengan rerata skor akhir sebesar 4,3467. Dari hasil tersebut, terlihat bahwa media pembelajaran IPS buku cerita bergambar layak digunakan untuk pembelajaran IPS dengan kualitas yang baik. Kata kunci: media pembelajaran, buku cerita bergambar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 25 Sep 2015 03:35
Last Modified: 30 Jan 2019 03:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26496

Actions (login required)

View Item View Item