PELAKSANAAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) REKSONEGARAN KOTA YOGYAKARTA DALAM MEMPERSIAPKAN AKREDITASI

Zunardi Masno, Masno (2015) PELAKSANAAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI PUSAT KEGIATAN BELAJAR MASYARAKAT (PKBM) REKSONEGARAN KOTA YOGYAKARTA DALAM MEMPERSIAPKAN AKREDITASI. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Zunardi Masno_11102244024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan: (1) Bagaimana keterpenuhan Standar Kompetensi Kelulusan di PKBM Reksonegaran, (2) Bagaimana Keterpenuhan Standar Isi di PKBM Reksonegaran, (3) Bagaimana Pelaksanaan Standar Proses di PKBM Reksonegaran, (4) Bagaimana Keterpenuhan Standar Pendidik dan Tenaga Pendidik di PKBM Reksonegaran (5) Bagaimana Keterpenuhan Standar Sarana dan Prasarana di PKBM Reksonegaran, (6) Bagaiamana Keterpenuhan Standar Pengelolaan di PKBM Reksonegaran, (7) Bagaiamana Keterpenuhan Standar Pembiayaan di PKBM Reksonegaran, (8) Bagaimana Keterpenuhan Standar Penilaiaan di PKBM Reksonegaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah pengelola dan pendidik PKBM Reksonegaran. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti merupakan instrument utama dalam melakukan penelitian yang dibantu dengan pedomen obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data adalah reduksi data, display data, dan kesimpulan. Trianggulasi yang digunakan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Standar Kompetensi kelulusan belum terpenuhi seperti dokumen SKL, capaian pembelajaran yang belum jelas beserta, SK penetapan dari SKL PKBM Reksonegaran, (2) Standar Isi belum terpenuhi karena belum memiliki dokumen desa binaan, kurikulum terbaru yang dibuat oleh lembaga sendiri, pedoman pelaksanan dan evaluasi kurikulum serta dokumen perbandingan jumlah jam belajar, (3) Standar proses sudah terpenuhi secara keseluruhan dibuktikan dengan Silabus, RPP, daftar hadir peserta didik dan daftar hadir pendidik, (4) Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan juga belum terpenuhi karena Tenaga Kependidikan tidak lagi berkontribusi di PKBM, (5) Standar Sarana dan Prasarana belum terpenuhi karena belum memiliki bukti kepemilikan gedung. (6) Standar Pengelolaan belum terpenuhi foto copy rencana kerja, uraiaan tugas pengurus lembaga yang baru, bukti kemitraan, jadwal kegiatan rutin, berkas laporan tahunan, bukti keterlibatan masyarakat dan bukti kepemilikan desa/kelompok binaan. (7) Standar Pembiayaan juga belum memiliki bukti rencana pengembangan pendanaan lembaga, foto copy jenis dokumen dan foto copy keuangan, (8) Standar Penilaian belum terpenuhi karena minim akannya prestasi karena jarang mengikuti even tertentu. Kata kunci : Pelaksanaan dan keterpenuhan SNP PKBM

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Sekolah FIP
Date Deposited: 28 Sep 2015 00:48
Last Modified: 30 Jan 2019 03:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26491

Actions (login required)

View Item View Item