PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERCOBAAN SEDERHANA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP UDARA PADA PENGENALAN SAINS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TK NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA

Dyah Eka, Ratnasari (2015) PENGARUH PENGGUNAAN METODE PERCOBAAN SEDERHANA TERHADAP PENGUASAAN KONSEP UDARA PADA PENGENALAN SAINS PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TK NEGERI PEMBINA YOGYAKARTA. S1 thesis, PAUD.

[img]
Preview
Text
DYAH EKA RATNASARI_11111241053_PGPAUD.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode percobaan sederhana dalam pengenalan sains terhadap penguasaan konsep udara pada anak usia 4-5 tahun TK Negeri Pembina Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan dua kelas yakni kelompok eksperimen (metode percobaan sederhana) dan kelas kontrol (metode demonstrasi). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen, dengan nonequevalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 45 anak. Teknik dalam pengambilan sampel dipilih secara acak. Kelompok eksperimen menggunakan metode percobaan sederhana dan kelompok kontrol menggunakan metode demonstrasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan instrument berupa tes lisan, observasi, dan dokumentasi. Tenik analisis data adalah dengan menggunakan uji prasyarat dan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua kelompok dinyatakan terdistribusi normal (0,446 > 0,05) dan dari uji homogenitas didapat kedua kelompok bersifat homogen (0/740 > 0,05). Hasil uji-t menunjukan adanya perbedaan yang sangat signifikan (p<0,001) pada df 28. Pada subtema udara mengembang karena suhu, thitung > ttabel (3,497 > 2,048) sedangkan pada subtema udara memiliki tekanan, thitung >ttabel (2,875 > 2,048). Nilai rerata posttests pada sub tema udara mengembang karena suhu adalah sebesar 8,33 untuk kelompok eksperimen dan 6,90 untuk kelompok kontrol. Hasil posttest kedua pada kelompok eksperimen sebesar 8,30 dan pada kelompok kontrol 7,33. Dengan demikian, penggunaan metode percobaan sederhana memiliki pengaruh positif terhadap penguasaan konsep udara pada pengenalan sains pada anak TK usia 4-5 tahun. Kata kunci:metode percobaan sederhana, penguasaan konsep udara, usia 4-5 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 25 Sep 2015 02:10
Last Modified: 30 Jan 2019 03:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26487

Actions (login required)

View Item View Item