UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN SIMPAI PADA ANAK KELOMPOK A TK TUNAS IBU SELOMARTANI KECAMATAN KALASAN

Etik, Sumiarsih (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI BERMAIN SIMPAI PADA ANAK KELOMPOK A TK TUNAS IBU SELOMARTANI KECAMATAN KALASAN. S1 thesis, PAUD.

[img]
Preview
Text
Etik Sumiarsih_11111241035.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok A TK Tunas Ibu Selomartani kecamatan Kalasan melalui bermain simpai. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah anak-anak kelompok A TK Tunas Ibu Selomartani yang terdiri dari 3 anak perempuan dan 5 anak laki-laki. Obyek penelitian ini adalah kemampuan motorik kasar anak khususnya koordinasi, keseimbangan dan kelentukan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian adalah apabila sudah memenuhi minimal 75% dari jumlah anak dapat mencapai kriteria kemampuan motorik kasar dengan predikat sangat baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan motorik kasar anak meningkat setelah dilakukan tindakan dengan bermain simpai. Peningkatan dapat dilihat dari observasi yang telah dilakukan pada hasil observasi Pra tindakan diperoleh 12,5% atau 1 anak dari 8 anak yang berada pada kriteria sangat baik. Selanjutnya pada Siklus I dilakukan kegiatan bermain simpai dengan langkah-langkah: 1) guru menjelaskan aturan bermain simpai di awal kegiatan bermain, 2) guru memberikan motivasi pada anak untuk melakukan kegiatan bermain. Setelah pelaksanaan Siklus I hasil penelitian kemampuan motorik anak meningkat menjadi 25% atau 2 anak dari jumlah keseluruhan anak yang mencapai kriteria sangat baik. Hasil tersebut belum memenuhi kriteria keberhasilan, kemudian pada Siklus II dilakukan kegiatan bermain simpai dengan langkah-langkah: 1) guru menjelaskan aturan bermain simpai pada setiap sesi permainan, 2) kegiatan bermain simpai dilaksanakan dalam bentuk games, 3) guru memotivasi anak dengan memberikan reward, 4) durasi kegiatan bermain simpai ditingkatkan. Setelah pelaksanaan Siklus II hasil penelitian meningkat menjadai 87,5% atau 7 anak dari jumlah keseluruhan anak yang mencapai kriteria sangat baik. Dari hasil yang diperoleh dalam penelitian membuktikan bahwa melalui bermain simpai dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak kelompok A. Kata kunci: kemampuan motorik kasar, bermain simpai, anak.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 28 Sep 2015 00:48
Last Modified: 30 Jan 2019 03:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26484

Actions (login required)

View Item View Item