MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1 – 10 DENGAN MEDIA GAMBAR ASOSIATIF DI KELOMPOK B TK BUDI RAHAYU

Fitriyanti (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1 – 10 DENGAN MEDIA GAMBAR ASOSIATIF DI KELOMPOK B TK BUDI RAHAYU. S1 thesis, PAUD.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Fitriyanti_11111247030.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 dengan media gambar asosiatif di kelompok B TK Budi Rahayu Nyutran, Yogyakarta. Kemampuan mengenal angka meliputi menyebut angka, menjodohkan angka dengangambar asosiatif dan menulis angka. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang dilakukan secara kolaboratif. Subyek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 12 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10 dengan media gambar asosiatif. Kemampuan menyebut angka mulai daripratindakan, Siklus IdanSiklus II meningkat dari nilai59,2, 82,5 menjadi 100. Kemampuan menjodohkan angka dengan gambar dari nilai 58,3, 75,8menjadi 92,5. Kemampuanmenulis angka dari nilai 57,5, 74,5menjadi 90. Semua nilai pada Siklus IItersebut telah memenuhi target indikator keberhasilan, yaitu ≥ 80. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa media gambar asosiatif dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10 dengan cara (1) memberi penjelasanbentuk gambar asosiatif dan kemiripannya dengan angka 1-10,(2) melakukan permainan dengan gambar asosiatif untuk menguatkan ingatan dan antusiasme anak, dan (3) melakukan berbagai variasi dalamsetiap siklus agar anak tidak bosan. Kata kunci : kemampuan mengenal angka 1-10, media gambar asosiatif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 28 Sep 2015 00:48
Last Modified: 30 Jan 2019 03:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26479

Actions (login required)

View Item View Item