MENINGKATKAN KEAKTIFAN ASPEK AFEKTIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOMPAT TINGGI SISWA KELAS IV SD NEGERI BANYURADEN KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMAN DENGAN METODE PERMAINAN

Mulyaarja (2015) MENINGKATKAN KEAKTIFAN ASPEK AFEKTIF SISWA DALAM PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOMPAT TINGGI SISWA KELAS IV SD NEGERI BANYURADEN KECAMATAN GAMPING KABUPATEN SLEMAN DENGAN METODE PERMAINAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi mulyaarja.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian adalah terdapat beberapa siswa kelas IV SD Negeri Banyuraden Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman yang sulit dalam melakukan gerak dasar lompat tinggi. Tujuan penelitian untuk meningkatkan keaktifan aspek afektif siswa dalam pembelajaran gerak dasar lompat tinggi siswa kelas IV SD Negeri Banyuraden Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman dengan metode permainan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah Siswa Kelas IV Banyuraden Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman yang berjumlah keseluruhan 26 siswa. Instrumen penilaian berupa lembar observasi penilaian peningkatan keaktifan aspek afektif siswa. Metode penelitian tindakan kelas terdiri dari 4 aspek pokok, yaitu perencanaan, tindakan, tahap pengamatan/observasi, dan refleksi. Analisis data secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator pencapaian keberhasilan adalah apabila hasil penilaian peningkatan keaktifan aspek afektif siswa dalam pembelajaran lompat tinggi dengan metode permainan telah mendapatkan skor ≥ 51 dengan arti lain peningkatan keaktifan aspek afektif siswa berlangsung dengan “baik”. Hasil penelitian menunjukkan terbukti bahwa kenyataannya dalam pertemuan di dua siklus sudah dapat meningkatkan keaktifan aspek afektif siswa dalam pembelajaran gerak dasar lompat tinggi siswa kelas IV SD Negeri Banyuraden Kecamatan Gamping Kabupaten. Peningkatan yang terjadi signifikan di bandingkan data awal dan data siklus satu. Peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran gerak dasar lompat tinggi dalam ranah aspek afektif di siklus dua telah sesuai indikator keberhasilan. Skor “72” menunjukkan Peningkatan keaktifan aspek afektif siswa berlangsung dengan baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keaktifan, Afektif, Lompat Tinggi, Siswa SD, Permainan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Sep 2015 00:48
Last Modified: 30 Jan 2019 03:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26477

Actions (login required)

View Item View Item