HUBUNGAN GAYA PENGASUHAN ORANGTUA TIPE ENABLING DENGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PKK 63 TANJUNGKARANG, PATALAN, JETIS, BANTUL

Triana Indriya, Sari (2015) HUBUNGAN GAYA PENGASUHAN ORANGTUA TIPE ENABLING DENGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PKK 63 TANJUNGKARANG, PATALAN, JETIS, BANTUL. S1 thesis, PAUD.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Triana Indriya Sari_11111241045.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Dasar dilakukannya penelitian ini adalah adanya fenomena anak usia 5-6 tahun yang belum menunjukkan perilaku kemandirian ketika di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya pengasuhan orangtua tipe enabling dengan kemandirian anak usia 5-6 tahun di Patalan, Jetis, Bantul. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Subyek penelitian ini adalah 40 anak kelompok B dan 40 orangtua anak kelompok B. Variabel penelitian ini adalah gaya pengasuhan orangtua tipe enabling dan kemandirian anak usia 5-6 tahun. Lokasi penelitian di TK PKK 63 Tanjungkarang. Instrumen penelitian menggunakan skala gaya pengasuhan tipe enabling dan pedoman observasi kemandirian anak usia 5-6 tahun. Teknik untuk menganalisis korelasi gaya pengasuhan orangtua tipe enabling dengan kemandirian anak usia 5-6 tahun adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara gaya pengasuhan orangtua tipe enabling dengan kemandirian anak usia 5-6 tahun yang ditunjukkan dan nilai p sebesar 0.952 (p>0.05). Penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian tentang hubungan gaya pengasuhan orangtua tipe enabling dengan kemandirian anak usia 5-6 tahun di rumah. Kata Kunci: gaya pengasuhan orangtua tipe enabling, kemandirian, anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini
Depositing User: Admin PGPAUD FIP
Date Deposited: 25 Sep 2015 01:52
Last Modified: 30 Jan 2019 03:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26475

Actions (login required)

View Item View Item