Triana Indriya, Sari (2015) HUBUNGAN GAYA PENGASUHAN ORANGTUA TIPE ENABLING DENGAN KEMANDIRIAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PKK 63 TANJUNGKARANG, PATALAN, JETIS, BANTUL. S1 thesis, PAUD.
|
Text
Skripsi_Triana Indriya Sari_11111241045.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Dasar dilakukannya penelitian ini adalah adanya fenomena anak usia 5-6 tahun yang belum menunjukkan perilaku kemandirian ketika di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan gaya pengasuhan orangtua tipe enabling dengan kemandirian anak usia 5-6 tahun di Patalan, Jetis, Bantul. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi. Subyek penelitian ini adalah 40 anak kelompok B dan 40 orangtua anak kelompok B. Variabel penelitian ini adalah gaya pengasuhan orangtua tipe enabling dan kemandirian anak usia 5-6 tahun. Lokasi penelitian di TK PKK 63 Tanjungkarang. Instrumen penelitian menggunakan skala gaya pengasuhan tipe enabling dan pedoman observasi kemandirian anak usia 5-6 tahun. Teknik untuk menganalisis korelasi gaya pengasuhan orangtua tipe enabling dengan kemandirian anak usia 5-6 tahun adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara gaya pengasuhan orangtua tipe enabling dengan kemandirian anak usia 5-6 tahun yang ditunjukkan dan nilai p sebesar 0.952 (p>0.05). Penelitian selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian tentang hubungan gaya pengasuhan orangtua tipe enabling dengan kemandirian anak usia 5-6 tahun di rumah. Kata Kunci: gaya pengasuhan orangtua tipe enabling, kemandirian, anak usia 5-6 tahun.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGPAUD - Pendidikan Guru Anak Usia Dini |
Depositing User: | Admin PGPAUD FIP |
Date Deposited: | 25 Sep 2015 01:52 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 03:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26475 |
Actions (login required)
View Item |