EFEKTIVITAS METODE PEER TUTORING DALAM MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING (SRL) SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KALASAN

Ryndi Mardoh, Ryndi (2015) EFEKTIVITAS METODE PEER TUTORING DALAM MENINGKATKAN SELF-REGULATED LEARNING (SRL) SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 KALASAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
skripsi_Ryndi Mardoh_11104241018.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode peer tutoring dalam meningkatkan self-regulated learning (SRL) siswa kelas X SMK Negeri 1 Kalasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif quasi-eksperimental design dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian merupakan seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Kalasan yang berjumlah 341 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random program atau cluster random sampling. Diperoleh 64 siswa yang dijadikan sampel penelitian, 31 siswa kelompok eksperimen dan 33 siswa kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa skala self-regulated learning. Validitas instrumen menggunakan validitas construct validity (validitas konstruk) melalui proses validasi logik. Uji validitas ini dilakukan berdasarkan pendapat ahli (expert judgement) dan diuji secara kuantitatif menggunakan Product Moment dengan batas kriteria 0,25. Reliabilitas skala self-regulated learning diuji menggunakan Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien 0,904 menunjukkan tingkat reliabilitas yang tinggi. Analisis data menggunakan uji t yang digunakan untuk mengetahui peningkatan self-regulated learning sebelum diberikan treatment (pre-test) dan peningkatan self-regulated learning sesudah diberikan treatment (post-test) melalui program SPSS versi 21.00. Hasil uji beda dengan uji t antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada saat setelah diberikan treatment melalui metode pembelajaran peer tutoring memberikan hasil t hitung = 2,269 dengan signifikansi p = 0,027. Karena p (0,027) < 0,05 sehingga ditemukan perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kontrol pada saat setelah diberikan perlakuan (posttest). Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi pengaruh peningkatan self-regulated learning pada kelompok eksperimen kelas X SMK Negeri 1 Kalasan. Kata kunci : peer tutoring, self-regulated learning (SRL)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 22 Sep 2015 12:20
Last Modified: 30 Jan 2019 03:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26462

Actions (login required)

View Item View Item