Febrian Amir Nashrullah, Febrian (2015) KONSELING KELOMPOK DENGANPENDEKATAN KONSELING REALITAS SEBAGAI UPAYA MENURUNKAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 PIYUNGAN BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
Text
Febrian Amir N_11104241032.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik konseling kelompokdengan pendekatan realitas terhadap penurunan prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII di SMP N 1 Piyungan Bantul Yogyakarta Tahun 2014/2015. Konseling realitas sebagai salah satu pendekatan konseling yang lebih menekankan tanggung jawab dan komitmen dengan tugas dengan menggunakan prosedurWant’s, Doing, Evaliation, Planning (WDEP) dalam sesi konseling kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi-eksperiment dengan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian merupakan seluruh siswa kselas VIII SMP N 1 Piyungan Bantul Yogyakarta berjumlah 193 siswa. teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan ketentuan sampel penelitian memiliki skor tinggi pada skala prokrastinasi akademik (Skor > 70) dan diperoleh 18 siswa yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Sampel tersebut selanjutnya dibagi menjadi dua kelompok sehingga diperoleh 9 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 9 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen yang digunakan berupa skala prokrastinasi akademik yang sebelumnya sudah diuji validasi menggunakan expert judgement dan dinyatakan valid. Reliabilitas skala prokrastinasi akademik diuji menggunakan Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien 0,979 menunjukkan tingkat reliabilitas yang tinggi. Analisis hipotesis menggunakan uji wilcoxon match pairs test yang digunakan untuk mengetahui perbedaan tingkat prokrastinasi akademik sebelum treatment(pre-test) dengan sesudah diberikan treatment (post-test) melalui program SPSS ver 16.00. Hasil uji wilcoxon match pair test dari hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan Zhitung = 4.717 > Ztabel = 0, sehingga dapat ditarik kesimpulan Ha diterima dan Ho ditolak, terdapat perbedaan hasil antara skor pre-test dan post-test. Rata-rata skor skala prokrastinasi akademik pada kelompok eksperimen yang menurun dari skor 72.56 menjadi 58.56. Dengan demikian,teknikkonseling kelompokrealitas mampu menurunkan tingkat prokrastinasi akademik pada siswa kelas VIII di SMP N 1 Piyungan Bantul. Kata kunci : konseling kelompok, konseling realitas, prokrastinasi akademik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 22 Sep 2015 12:20 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 03:36 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26461 |
Actions (login required)
View Item |