HUBUNGAN ANTARA EMPATI DENGAN PENERIMAAN SOSIAL SISWA REGULER TERHADAP SISWA ABK DI KELAS INKLUSIF (SMP N 2 SEWON)

Nunung Irawati, Nunung (2015) HUBUNGAN ANTARA EMPATI DENGAN PENERIMAAN SOSIAL SISWA REGULER TERHADAP SISWA ABK DI KELAS INKLUSIF (SMP N 2 SEWON). S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Nunung Irawati_11104241042.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara empati dengan penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa ABK di kelas inklusif (SMP N 2 Sewon). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa reguler di kelas inklusif jenjang kelas VII dan VIII SMP N 2 Sewon yang berjumlah 101 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 81 siswa reguler di kelas inklusif. Penentuan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Data diperoleh dengan menggunakan skala empati dan skala penerimaan sosial. Uji validitas menggunakan expert jugdement dan penentuan gugur atau tidaknya item dengan rumus Product Moment dari Pearson’s. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dengan bantuan program SPSS for Windows release 16.0 diperoleh koefisien reliabilitas skala empati sebesar 0,911 dan skala penerimaan sosial sebesar 0,910. Analisis data menggunakan teknik korelasi product moment dari Pearson’s dengan bantuan program SPSS for Windows release 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan sangat signifikan antara empati dengan penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa ABK di kelas inklusif (SMP N 2 Sewon) dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,689. Semakin tinggi empati siswa reguler, maka semakin tinggi pula penerimaan sosialnya terhadap siswa ABK, dan sebaliknya. Berdasarkan nilai koefisien korelasi dapat diketahui nilai koefisien determinasi ((R square= (0,689)2) yaitu 0,475. Diartikan bahwa variabel empati memberikan kontribusi pada penerimaan sosial siswa reguler terhadap siswa ABK sebesar 47,5% sedangkan 52,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kata kunci: empati, penerimaan sosial

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 22 Sep 2015 12:20
Last Modified: 30 Jan 2019 03:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26450

Actions (login required)

View Item View Item