UBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA, DAN SIKAP TERHADAP UNDANG-UNDANG GURU DAN DOSEN DENGAN MINAT MENJADI GURU PKN MAHASISWA ANGKATAN 2006 PROGRAM STUDI PKN FISE UNY

Pamukti W, mhs UBUNGAN LINGKUNGAN KELUARGA, DAN SIKAP TERHADAP UNDANG-UNDANG GURU DAN DOSEN DENGAN MINAT MENJADI GURU PKN MAHASISWA ANGKATAN 2006 PROGRAM STUDI PKN FISE UNY. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstrak_pamukti.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak_pamukti.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_Sukasmi.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak_Sukasmi.pdf

Download (125kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan keluarga dengan minat mahasiswa menjadi guru PKn, untuk hubungan sikap mahasiswa terhadap undang-undang guru dan dosen dengan minat mahasiswa menjadi guru PKn, hubungan lingkungan keluarga dan sikap mahasiswa terhadap undangundang guru dan dosen secara bersama-sama dengan minat mahasiswa menjadi guru PKn Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi Pendidikan Kewarganegaraan angkatan 2006 Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta yang masih aktif menjadi mahasiswa. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 71 mahasiswa. Pengumpulan data hasil lingkungan keluarga, sikap mahasiswa terhadap undang-undang guru dan dosen dan minat menjadi guru PKn dengan metode angket, Uji coba instrumen dilakukan pada 30 responden mahasiswa PKn angkatan 2005. Uji validitas dilakukan dengan teknik korelasi product moment dari Pearson, yang dikorelasi dengan teknik Part Whole Correlation. Sedangkan uji realibilitas digunakan rumus Alpha Cronbach. Untuk mengetahui hubungan lingkungan keluarga dengan minat menjadi guru PKn dan untuk mengetahui hubungan sikap mahasiswa terhadap undang-undang guru dan dosen dengan minat menjadi guru PKn digunakan teknik analisis korelasi product moment, sedangkan untuk mengetahui hubungan lingkungan keluarga dan sikap mahasiswa terhadap undang-undang guru dan dosen secara bersama-sama dengan minat mahasiswa menjadi guru PKn digunakan teknik analisis regresi ganda dengan signifikansi 5%. Berdasarkan hasil analisis statistik dapat disimpulkan pertama, terdapat hubungan positif dan signifikan lingkungan keluarga dengan minat mahasiswa menjadi guru PKn. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rhitung>rtabel (0,439>0,235) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Kedua, terdapat hubungan positif dan signifikan sikap mahasiswa terhadap undang-undang guru dan dosen dengan minat mahasiswa menjadi guru PKn. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rhitung>rtabel (0,626>0,235) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Ketiga, terdapat hubungan positif dan signifikan lingkungan keluarga dan sikap mahasiswa terhadap undang-undang guru dan dosen secara bersama dengan minat mahasiswa menjadi guru PKn. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung>Ftabel (28,688>3,132) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05). Nilai koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa besarnya lingkungan keluarga dan sikap terhadap undang-undang guru dan dosen adalah sebanyak 45,76%, sedangkan sisanya sebanyak 54,23% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. SR1 sebesar 25,83% dan SR2 sebesar 74,16%, sedangkan SE1 sebesar 11,82% dan SE2 sebesar 33,94%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: pkn dan hukum fise
Date Deposited: 24 Jul 2012 04:09
Last Modified: 29 Jan 2019 15:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2645

Actions (login required)

View Item View Item