PENGARUH METODE MENGAJAR GURU DAN KELENGKAPAN FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NASIONAL BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA

Dopensius, Dopensius (2015) PENGARUH METODE MENGAJAR GURU DAN KELENGKAPAN FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NASIONAL BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
dopensius 08520249004.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

PENGARUH METODE MENGAJAR GURU DAN KELENGKAPAN FASILITAS LABORATORIUM KOMPUTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN DI SMK NASIONAL BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA Oleh: Dopensius NIM. 08520249004 ABSTRAK Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh metode mengajar guru terhadap hasil belajar, (2) pengaruh kelengkapan fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar, (3) pengaruh metode mengajar guru dan kelengkapan fasilitas laboratorium komputer terhadap hasil belajar siswa kelas X kompetensi keahlian TKJ di SMK Nasional Berbah Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Expost Facto yang bersifat deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X kompetensi keahlian TKJ dengan teknik pengambilan sampel yaitu proporsional random sampling. Metode pengambilan data untuk variabel metode mengajar guru dan kelengkapan fasilitas laboratorium komputer menggunakan kuesioner model angket dengan skala likert, sedangkan untuk variabel hasil belajar menggunakan metode dokumentasi berupa nilai rata-rata ulangan harian kompetensi keahlian TKJ. Validitas instrumen penelitian diuji dengan tiga ahli (experts judgment) yang dihitung dengan rumus korelasi pearson rroduct Moment. Reliabilitas instrumen dihitung menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis regresi ganda. Berdasarkan hasil pembahasan tersebut maka dapat disimpulkan bahwa metode mengajar guru memiliki pengaruh yang kuat terhadap hasil belajar siswa sebesar 30%. Selain metode mengajar guru, kelengkapan fasilitas komputer juga berpengaruh kuat terhadap hasil belajar siswa sebesar 32%. Dengan demikian metode mengajar guru dan kelengkaan fasilitas komputer memiliki pengaruh yang kuat terhadap hasil belajr siswa, hal ini ditunjukkan dari koefisien korelasi sebesar 0,518, dengan kata lain metode mengajar guru dan kelengkapan fasilitas komputer memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 26,8%. Kata Kunci: Metode Mengajar Guru, Kelengkapan Fasilitas Laboratorium Komputer, Hasil Belajar Siswa,

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Tarto Perpustakaan Fakultas Teknik
Date Deposited: 22 Sep 2015 01:28
Last Modified: 30 Jan 2019 03:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26430

Actions (login required)

View Item View Item