METODE PENANAMAN NILAI MORAL UNTUK ANAK USIA DINI

Mukhamad Murdiono, M.Pd. (2007) METODE PENANAMAN NILAI MORAL UNTUK ANAK USIA DINI. [Experiment/Research]

[img]
Preview
Text
Mukhamad_Murdiono.pdf

Download (11kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metode pe¬nanaman nilai moral untuk anak usia dini yang dilakukan di be¬berapa Taman Kanak-kanak di Kota Yogyakarta yang memiliki karakteristik pendidikan Islam. Dari metode penanaman nilai moral yang diterapkan tersebut kemudian dicari pengaruhnya terhadap keberhasilan dalam metode penanaman nilai moral, sehingga dapat diketahui sejauh mana keberhasilan penggunaan metode tersebut dalam menanamkan nilai-nilai moral untuk anak usia dini. Selain itu penelitian ini juga untuk mengetahui kendala-kendala yang di¬hadapi guru dalam menerapkan metode penanaman nilai moral kepada anak di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan meng¬gunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah para guru di 5 (lima) Taman Kanak-kanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal (ABA) Muhammadiyah yang ada di wilayah Kota Yogyakrta. Kelima TK tersebut meliputi: TK ABA Dukuh Gedongkiwo, TK ABA Karangkajen, TK ABA Karangkunhti, TK ABA Pandeyan II, dan TK ABA Karanganyar. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara digunakan untuk men¬jaring data atau informasi yang berkaitan dengan metode penanam¬an nilai moral, pengaruh terhadap keberhasilan penanaman nilai moral, dan kendala-kendala yang dihadapi. Observasi digunakan untuk memperoleh data atau informasi tentang metode yang di¬gunakan dalam penanaman nilai moral. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data mengenai gambaran keberadaan obyek yang diteliti. Selain itu, untuk melengkapi data hasil observasi dan wawancara.Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi, yaitu teknik pemeriksaan keabsahan data yang memanfaatkan sesuatu yang lain di luar data itu untuk ke¬perluan pengecekan atau sebagai pembanding terhadap data itu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode penanaman nilai moral yang digunakan di lima TK ABA adalah sebagai berikut: bercerita, bermain, karyawisata, bernyanyi, outbond, pem¬biasaan, teladan, syair, dan diskusi. Dari beberapa metode yang digunakan tersebut yang seringkali digunakan adalah bercerita dan pembiasaan. Metode penanaman nilai moral tersebut ternyata dapat berpengaruh terhadap perubahan perilaku siswa, dari yang tidak baik menjadi baik. Seperti setelah mendengarkan cerita atau me¬lalui pembiasaan perilaku, anak yang semula memiliki perilaku tidak baik kemudian berubah menjadi baik. Namun demikian da¬lam pelaksanaan metode penanaman nilai moral tersebut ditemui beberapa kendala sebagai berikut: kurangnya pengetahuan atau teknik dalam bercerita dan kurangnya media yang digunakan dalam bercerita sehingga cerita kurang menarik perhatian siswa. Kendala lain yang ditemui adalah ketika guru menerapkan metode pem¬biasaan perilaku seringkali terjadi ketidakkonsistenan antara apa yang dilakukan oleh guru di sekolah dengan apa yang dilakukan oleh orang tua di rumah dan lingkungan sekitar tempat ia tinggal. Seringkali terjadi apa yang telah diberikan di sekolah berbeda dengan apa yang diberikan oleh orang tua dan apa yang didapatkan oleh anak dari lingkungan tempat ia tinggal. Untuk mengatasi ken¬dala seperti ini guru lebih mengintensifkan komunikasi dengan orang tua siswa. Langkah ini dilakukan secara kontinyu melalui pertemuan rutin secara berkala, seperti pertemuan bulanan, tri wulan, atau pertemuan satu semester sekali. Cara tersebut dinilai efektif untuk menjaga kesinambungan antara apa yang diberikan oleh guru di sekolah dengan apa yang diberikan oleh orang tua di rumah dan apa yang diterima anak dari lingkungannya. FISE, 2007 (PPKN)

Item Type: Experiment/Research
Subjects: Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Date Deposited: 24 Jul 2012 04:08
Last Modified: 02 Oct 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2643

Actions (login required)

View Item View Item