GAYA BAHASA IKLAN JAM TANGAN BERBAHASA JERMAN

Arstiana, Ericha Rizky (2015) GAYA BAHASA IKLAN JAM TANGAN BERBAHASA JERMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ERICHA RIZKY ARTIANA.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya bahasa yang digunakan dalam iklan jam tangan berbahasa jerman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber penelitian ini diperoleh dari internet berupa iklan gambar dan kalimat yang terdapat pada web dan artikel online dengan periode dari bulan november 2014 hingga maret 2015. Data penelitian adalah satuan lingual yang berupa kata, frasa dan kalimat yang terdapat pada headline yang di kumpulkan dengan teknik baca dan teknik catat. Analisis data menggunakan metode padan referensial. Instrumen utama penelitian ini adalah penulis sendiri (human instrument). Untuk menentukan keabsahan data hasil penelitian digunakan validitas semantik. Uji reliabilitas menggunakan intrarater dan interrater. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 49 gaya bahasa yaitu terdiri dari 8 gaya bahasa metonimia, 6 gaya bahasa metafora, 5 gaya bahasa hiperbola, 4 gaya bahasa aliterasi, 4 gaya bahasa polisindeton, 3 gaya bahasa simile, 3 gaya bahasa elipsis, 3 gaya bahasa asonansi, 3 gaya bahasa denotatif, 2 gaya bahasa alusi, 2 gaya bahasa personifikasi, 2 gaya bahasa eufemismus, 1 gaya bahasa pertanyaan retoris, 1 gaya bahasa paradoks, 1 gaya bahasa asindeton, dan 1 gaya bahasa klimaks.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Gaya Bahasa, Bahasa Iklan, Iklan Jam Tangan, Bahasa Jerman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jerman
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jerman
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jerman FBS
Date Deposited: 22 Sep 2015 03:10
Last Modified: 30 Jan 2019 03:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26420

Actions (login required)

View Item View Item