PERSEPSI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH WONOSARI TERHADAP KINERJA MAHASISWA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Diyan Yudanto (2015) PERSEPSI GURU SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MUHAMMADIYAH WONOSARI TERHADAP KINERJA MAHASISWA PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Diyan Yudanto_11601244011.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kompetensi mengajar merupakan salah satu faktor yang sangat menunjang keberhasilan dalam pengelolaan proses belajar mengajar di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi guru Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Wonosari terhadap kinerja mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta. Penilaian persepsi guru ini berdasarkan empat kompetensi yaitu kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional dan kompetensi sosial. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru di SMK Muhammadiyah Wonosari sebanyak 58 orang. Instrument penelitian ini berupa angket dengan uji validitas per butir instrument menggunakan rumus Product Moment dari Karl Person dan uji realibilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach dan diperoleh koefisien sebesar 0,981. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Wonosari terhadap kinerja mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta mausk dalam kategori cukup baik sebanyak 30 orang (51,72%), dalam ketegori baik sebanyak 18 orang (31,03%), dan kategori kurang sebanyak 10 orang (17,24%). Sementara hasil kategori setiap faktor antara lain kompetensi pedagogik berada dalam kategori cukup baik sebanyak 33 orang (56,89%), kompetensi kepribadian berada di kategori cukup baik sebanyak 36 orang (62,06%), kompetensi profesional berada dalam kategori cukup baik sebanyak 37 orang (63,79%), dan kompetensi sosial berada dalam kategori cukup baik sebanyak 35 orang (60,34%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa persepsi guru Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah Wonosari terhadap kinerja mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta berkategori cukup baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, kinerja, kompetensi
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Sep 2015 03:10
Last Modified: 11 Mar 2019 02:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26419

Actions (login required)

View Item View Item