MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLAVOLI MENGGUNAKAN PERMAINAN 4 ON 4 UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID KABUPATEN MAGELANG

Bagus Prastiyo Pambudi (2015) MENINGKATKAN KETERAMPILAN PASSING BAWAH BOLAVOLI MENGGUNAKAN PERMAINAN 4 ON 4 UNTUK SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KOTA MUNGKID KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Bagus Prastiyo Pambudi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya keterampilan passing bawah bolavoli peserta didik di kelas XI IS 5 di SMA Negeri 1 Kota Mungkid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan apakah permainan 4 on 4 dapat meningkatakan keterampilan passing bawah bolavoli pada siswa kelas XI IS 5 SMA N 1 Kota Mungkid Kabupaten Magelang. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Desain penelitian ini menggunakan Model Kurt Lewin dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan & observasi, dan refleksi. Sampel penelitian meliputi siswa kelas XI IS 5 yang berjumlah 31 siswa di SMA Negeri 1 Kota Mungkid. Fokus penelitian adalah meningkatkan keterampilan passing bawah. Teknik pengumpulan data melalui tes perbuatan. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Keterampilan Passing Bawah Bolavoli Menggunakan Permainan 4 On 4 Untuk Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Mungkid di Kabupaten Magelang mengalami peningkatan, yaitu dari Hasil tes siklus I diperoleh sebanyak 10 siswa (32,26%) tuntas belajar, dan 21 siswa atau 67,74% belum tuntas belajar. Kemudian pada hasil tes siklus II menunjukkan 29 siswa (93,55%) tuntas belajar dan 2 siswa atau 6,45% belum tuntas belajar. Berdasarkan hasil rerata yang diperoleh tersebut dapat dikatakan terjadi peningkatan 20,18% pada siklus II dari siklus I. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan permainan 4 on 4 dapat meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan passing bawah bola voli siswa kelas XI IS 5 SMA Negeri 1 Kota Mungkid.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: passing bawah, permainan 4 on 4
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Sep 2015 03:10
Last Modified: 11 Mar 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26418

Actions (login required)

View Item View Item