IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR GULING KE DEPAN SISWA KELAS IV SD NEGERI EX GUGUS KREATIF KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG

CIPTONING (2015) IDENTIFIKASI FAKTOR-FAKTOR KESULITAN BELAJAR GULING KE DEPAN SISWA KELAS IV SD NEGERI EX GUGUS KREATIF KECAMATAN SECANG KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
ciptoning skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran senam lantai guling ke depan yang telah dilaksanakan kurang berjalan secara efektif dikarenakan banyak Faktor yang menjadi Penyebab Kesulitan Belajar Guling Ke Depan Siswa Kelas IV SD.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar guling ke depan siswa kelas IV SD Negeri Ex Gugus Kreatif Kecamatan Secang Kabupaten Magelang. Desain penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif untuk mengetahui kemampuan dan mengidentifikasi kesulitan belajar siswa kelas IV SD. Subyek penelitian ini berjumlah 104 siswa kelas IV yang terdiri dari SD Negeri Jambewangi 17 siswa, SD Negeri 1 Payaman 30 siswa, SD Negeri Kalijoso 29 siswa dan SD Negeri Pancuranmas 28 siswa. Instrument yang digunakan dalam penetian ini menggunakan angket Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, Hasil penelitian menunjukan bahwa 4 siswa (4%) siswa mengalami kesulitan belajar kategori “sangat tinggi”.sebanyak 24 siswa (23%) siswa mengalami kesulitan belajar kategori ”tinggi”. Sebanyak 50 siswa (48%) siswa mengalami kesulitan belajar kategori ”sedang” dan sebanyak 18 siswa (17%) siswa mengalami kesulitan belajar kategori ”rendah”. Sebanyak 8 siswa (8%) siswa mengalami kesulitan belajar kategori ”sangat rendah”. Dengan rata-rata klasikal tingkat kesulitan belajar guling ke depan sebesar 87.38 dalam kategori sedang/ kesulitan sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Kesulitan Belajar, Guling ke Depan, Siswa, Kelas IV
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Sep 2015 03:10
Last Modified: 11 Mar 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26416

Actions (login required)

View Item View Item