TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA BEREGU DI SMA N 1 KARANGANYAR KEBUMEN

Dion Prasetyo (2015) TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL PESERTA DIDIK YANG MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER OLAHRAGA BEREGU DI SMA N 1 KARANGANYAR KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DION PRASETYO 11601241035 PJKR.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang belum mengetahui kemampuan kecerdasan emosionalnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga beregu di SMA Negeri 1 Karanganyar Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket kecerdasan emosional. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 127 peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga beregu antara lain bolabasket, sepakbola, sepak takraw, bola voli, dan futsal. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Proporsional Random Sampling dengan cara melakukan undian untuk memilih sampel sehingga didapatkan jumlah sampel peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga beregu sejumlah 40 peserta didik. Uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach dan memperoleh koefisien reliabilitas sebesar 0,839. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif yang dituangkan dalam bentuk persentase tingkat kecerdasan emosional peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga beregu di SMA N 1 Karanganyar Kebumen. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kecerdasan emosional peserta didik yang mengikuti ekstrakurikuler olahraga beregu di SMA N 1 Karanganyar Kebumen berada pada kategori sangat tinggi sebanyak 3 atau 7,5%, kategori tinggi sebanyak 10 atau 25%, kategori sedang sebanyak 19 atau 47,5%, kategori rendah sebanyak 5 atau 12,5%, kategori sangat rendah sebanyak 3 atau 7,5%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan emosional, ekstrakurikuler, olahraga beregu.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Sep 2015 03:10
Last Modified: 11 Mar 2019 02:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26415

Actions (login required)

View Item View Item