HUBUNGAN ANTARA KETEPATAN MELEMPAR BOLA DENGAN KEMAMPUAN SMASH SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER PERMAINAN BULUTANGKIS SEKOLAH DASAR NEGERI TANJUNGTIRTO 1 KECAMATAN BERBAH KABUPATEN SLEMAN

Suhardi (2015) HUBUNGAN ANTARA KETEPATAN MELEMPAR BOLA DENGAN KEMAMPUAN SMASH SISWA PESERTA EKSTRAKURIKULER PERMAINAN BULUTANGKIS SEKOLAH DASAR NEGERI TANJUNGTIRTO 1 KECAMATAN BERBAH KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Suhardi_13604227021.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian adalah Jenis pembelajaran kemampuan smash pada permainan bulutangkis yang bervariasi dengan pengembangan ketepatan melempar bola belum diterapkan bagi siswa peserta ekstrakurikuler permainan bulutangkis SD Negeri Tanjungtirto 1 Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman. Tujuan penelitian untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara ketepatan melempar bola dengan kemampuan smash siswa peserta ekstrakurikuler permainan bulutangkis SD Negeri Tanjungtirto 1 Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Variabel bebas adalah ketepatan melempar bola dan variabel terikat adalah kemampuan smash pada permainan bulutangkis. Subjek penelitian adalah siswa peserta ekstrakurikuler bulutangkis SD Negeri Tanjungtirto 1 Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman, tahun Pelajaran 2014/2015, dengan jumlah keseluruhan 26 siswa, yang terdiri dari 16 siswa laki-laki, dan 10 siswa perempuan. Instrumen ketepatan melempar bola bersumber dari Sunardianta, dkk (1994: 18) dengan validitas sebesar 0,623 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,766. Sedangkan instrumen smash dalam permainan bulutangkis bersumber Nurhasan, (2001: 182). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi Product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai r hitung (0,844) > r tabel (0,266) artinya ada hubungan yang signifikan antara ketepatan melempar bola dengan kemampuan smash siswa peserta ekstrakurikuler permainan bulutangkis SD Negeri Tanjungtirto 1 Kecamatan Berbah Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: hubungan, ketepatan, kemampuan smash, ekstrakurikuler, bulutangkis
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 22 Sep 2015 03:10
Last Modified: 30 Jan 2019 03:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26380

Actions (login required)

View Item View Item