Evaluasi Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana Praktik Paket Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Sukoharjo

Susanto, Riyawan (2015) Evaluasi Pemenuhan Standar Sarana dan Prasarana Praktik Paket Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan pada Sekolah Menengah Kejuruan di Kabupaten Sukoharjo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-riyawan-susanto-11702251019.swf

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemenuhan standar sarana dan prasarana praktik paket keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) di Kabupaten Sukoharjo berdasarkan Permendiknas Nomor 40 tahun 2008 yang meliputi: (1) area kerja teknik mekanik elektro; (2) ruang praktik instalasi jaringan; (3) area perbaikan dan perawatan komputer; dan (4) ruang penyimpanan dan instruktur. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan model evaluasi kesenjangan. Pendekatan yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dengan analisis persentase. Obyek dalam penelitian ini adalah sarana dan prasarana praktik paket keahlian TKJ di Kabupaten Sukoharjo. Subyek dalam penelitian ini adalah kepala paket keahlian TKJ. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat pemenuhan sarana pada area kerja teknik mekanik elektro adalah 17,07% (belum memenuhi standar), sedangkan tingkat pemenuhan prasarana pada area kerja teknik mekanik elektro adalah 21,60% (belum memenuhi standar); (2) tingkat pemenuhan sarana pada ruang praktik instalasi jaringan adalah 62,03% (belum memenuhi standar), sedangkan tingkat pemenuhan prasarana pada ruang praktik instalasi jaringan adalah 88% (belum memenuhi standar); (3) tingkat pemenuhan sarana pada area perbaikan dan perawatan komputer adalah 48,80% (belum memenuhi standar), sedangkan tingkat pemenuhan prasarana pada area perbaikan dan perawatan komputer adalah 56,08% (belum memenuhi standar); dan (4) tingkat pemenuhan sarana ruang penyimpanan dan instruktur adalah 29,16% (belum memenuhi standar), sedangkan tingkat pemenuhan prasarana ruang penyimpanan dan instruktur adalah 37,40% (belum memenuhi standar).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, pemenuhan standar, sarana praktik, prasarana praktik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Sep 2015 03:10
Last Modified: 09 May 2019 03:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26377

Actions (login required)

View Item View Item