Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pendamping Berilustrasi 3-Dimensi untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTs

Harjono, Slamet (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Buku Pendamping Berilustrasi 3-Dimensi untuk Meningkatkan Rasa Ingin Tahu dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa MTs. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-slamet-harjono-13708259020.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan buku pendamping berilustrasi 3 dimensi hasil pengembangan, (2) mendeskripsikan peningkatan rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengadaptasi model pengembangan Borg & Gall dan terdiri dari 10 tahap yaitu: (1) studi pendahuluan, (2) perencanaan produk, (3) pengembangan produk, (4) ujicoba terbatas, (5) revisi terhadap produk utama, (6) ujicoba lapangan utama, (7) revisi terhadap uji lapangan utama, (8) uji lapangan operasional, (9) revisi terhadap produk ahir, dan (10) diseminasi dan implementasi produk. Validasi produk dilakukan oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media. Media selanjutnya dinilai oleh pendidik IPA dan teman sejawat dari mahasiswa Pendidikan Sains. Subjek coba pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIA dan VIIB di MTs Negeri Riau Silip Bangka. Pengujian empirik menggunakan desain eksperimen Control Group Pretest Postest Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar validasi dan penilaian produk media buku pendamping berilustrasi 3 dimensi, lembar observasi dan lembar angket. Teknik observasi digunakan untuk mengetahui rasa ingin tahu dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Aspek rasa ingin tahu yang diteliti yaitu antusias mencari jawaban, perhatian pada obyek yang diamati, antusias pada proses IPA dan menanyakan setiap langkah kegiatan. Aspek kemampuan berpikir kritis yang diteliti yaitu meragukan temuan teman, menanya setiap hal baru, mengulangi kegiatan dan tidak mengabaikan data walau kecil. Lembar angket digunakan untuk mengetahui tanggapan dari peserta didik setelah menggunakan media buku pendamping IPA berilustrasi 3 dimensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku pendamping IPA berilustrasi 3 dimensi: (1) layak digunakan dengan kriteria “baik”, (2) mampu meningkatkan rasa ingin tahu peserta didik sebesar 0,146 dan kemampuan berpikir kritis peserta didik sebesar 0,097.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, buku pendamping, ilustrasi 3 dimensi, rasa ingin tahu, berpikir kritis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 22 Sep 2015 03:10
Last Modified: 09 May 2019 03:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26374

Actions (login required)

View Item View Item