KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA

Ratna Sari, Aulia (2015) KEEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN FLASH CARD DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PROSEDUR KOMPLEKS SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Aulia Ratna Sari_10201241063_PBSI_FBS_UNY.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki dua tujuan. Pertama, untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis prosedur kompleks antara siswa yang mendapat pembelajaran menulis prosedur kompleks dengan menggunakan media flash card dan siswa yang mendapat pembelajaran menulis prosedur kompleks menggunakan media konvensional. Kedua, untuk menguji keefektifan media flash card dalam pembelajaran menulis prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta. Berdasarkan teknik cluster random sampling ditetapkan kelas X MIA EP sebagai kelompok kontrol dan kelas X MIA EI 3 sebagai kelompok eksperimen. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa prates dan pascates. Validitas instrumen berupa validitas isi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian yang dilakukan dengan bantuan program SPSS 16.0 menunjukkan data prates dan pascates berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis deskriptif dapat diketahui bahwa skor mean prates pada kelompok kontrol sebesar 66,94 dan pada saat pascates sebesar 71,38. Skor mean prates pada kelompok eksperimen sebesar 66,53 dan pada saat pascates sebesar 74,06. Selanjutnya, berdasarkan uji-t data pascates kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai t sebesar 3,219, df = 62, dan p 0,002. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,002 < 0,05). Hasil analisis uji-t data prates dan pascates kelompok eksperimen diperoleh nilai t sebesar 10,504, df = 31, dan p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,05). Kenaikan skor rerata kelompok kontrol sebesar 4,44, sedangkan kenaikan skor rerata kelompok eksperimen sebesar 7,13. Jadi, selisih kenaikan skor rata-rata hitung antara kedua kelompok sebesar 3,09. Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis tersebut adalah: (1) ada perbedaan kemampuan menulis prosedur kompleks yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menulis prosedur kompleks dengan menggunakan media flash card dan siswa yang mendapat pembelajaran menulis prosedur kompleks menggunakan media konvensional, (2) media flash card efektif digunakan dalam pembelajaran menulis prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 22 Sep 2015 03:10
Last Modified: 30 Jan 2019 03:33
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26367

Actions (login required)

View Item View Item